Pantang Mati Gaya Saat Presentasi

Alhamdulillah, hari ini begitu membuat saya bersemangat untuk menulis.

Topik ini kebetulan mampir dan sukses memberikan ide tulisan buat saya. Pada kesempatan ini saya akan membagikan tips bagaimana melakukan presentasi dengan percaya diri. Ide ini mampir ketika saya mendapatkan pertanyaan mengenai hal tersebut. Tepatnya, supaya terlihat percaya diri dan nggak mati gaya saat berbicara di depan orang. Kebetulan yang bertanya adalah mahasiswa baru, mungkin dia mengalami kegugupan di awal perkuliahannya. Dan harap maklum, berbicara di depan orang itu nggak mudah. Jadi, apa salahnya saya membagikan tips-tips melakukan presentasi tanpa mati gaya sesuai dengan pengalaman pribadi saya.

Semoga tulisan ini akan sedikit menjawab ketidakpercayaan diri kalian.

Berbicara di depan umum itu butuh kepercayaan diri tinggi. Tak mudah, tapi bukan berarti tak bisa. Pada jenjang sekolah khusunya, dapat menjembatani agar seseorang terbiasa berbicara di depan umum, salah satunya dengan melakukan presentasi. Apalagi memutuskan untuk berkuliah, pasti kegiatan presentasi menjadi makanan sehari-hari mahasiswa. Ini merupakan titik awal seseorang menunjukkan dirinya dengan membiasakan diri tampil depan umum.

Mengenai presentasi, saya pun masih belum dibilang ahlinya. Masih sering gugup, apalagi ada beberapa hal yang malah bisa menghambat saya saat berbicara di depan umum (presentasi). Padahal keseharian saya bicara depan kelas, ngajar ya presentasi. Saya juga masih suka deg-deg-an, seperti pengalaman perdana yakni saat berbicara di depan mahasiswa baru di sebuah Universitas di Blitar. Apalagi kalian, si mahasiswa baru pasti mengalami masa-masa peralihan. Saya yakin kegugupan itu ada dan itu wajar kok. Maka dari itu saatnya membiasakan diri berbicara depan umum.

Hampir di setiap matakuliah, mahasiswa akan sering tampil presentasi. Maka dari itu, kalian harus membiasakan diri untuk tampil di kelas, depan dosen, dan teman mahasiswa lainnya. Presentasi menjadi aspek penting dalam perkuliahan lo. Bukan hanya menjelaskan materi saja, tapi wawasan pemateri harus lebih luas dan mendalam demi memahami materi. Selain menambah wawasan, mengasah skill berbicara, juga berpengaruh dalam penempuhan studi kalian.

Huah pembukaan saya dirasa-rasa panjang banget ya, langsung saja deh disimak tips-tips presentasi tanpa mati gaya. Yuk mari!

  1. Persiapkan materi presentasi

Saat kita melakukan presentasi, motif utama kita adalah untuk menjelaskan suatu topik kepada audiens. Terutama dalam proses perkuliahan. Diibaratkan, kita menggatikan dosen menyajikan materi kepada mahasiswa lain. Jadi, persiapan materi sangatlah penting dalam sebuah presentasi. Materi yang matang juga menjadi kunci utama keberhasilan presentasi kalian. Jikalau persiapan materi kurang, presentasi kalian akan menjadi sedikit terganggu. Konsentrasi terpecah, memikirkan makalah yang tak maksimal penyelesaiannya. Sehingga muncul kebingungan dan kalang kabut saat penyampaian materi. Bayangkan saja, materi tersebut juga merupakan salah satu tugas matakuliah. Jika makalah yang dikerjakan tak maksimal, selain berpengaruh kepada nilai dijamin presentasi kalian tak berbobot. Sangat disayangkan bukan?

  1. Persiapkan diri

Dalam hal ini saya menekankan agar pemateri atau kalian harus belajar dahulu sebelum tampil presentasi. Kecapakan kalian dalam penyampiaan materi presentasi akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri kalia. Jikalau kalian belum terbiasa presentasi di depan umum, tak ada salahnya terlebih dulu kalian buat catatan-catatan kecil berisi poin-poin materi. Hal ini memudahkan kalian agar arah pembicaraan tak melenceng dan tentunya sistematis. Kalian tak perlu menyampaikan dengan bahasa yang sama dengan makalah, cukup sampaikan poin-poin tersebut dengan bahasa kalian sendiri. Selain memudahkan kalian, peserta diskusi akan lebih mudah menangkap materi. Jika kalian belum terbiasa di depan umum, bawalah catatan kecil tersebut sebagai pedoman berbicara. Tapi, usahakan jangan kelihatan baca catatan ya.

  1. Sering berlatih

Saya juga masih suka gugup ketika presentasi di depan kawan kelas. Saya pun masih kerap belajar terlebih dahulu. Selain mempersiapkan materi, saya juga sering latihan berbicara. Itung-itung sebagai pemanasan sebelum tampil. Berlatih dengan menggunakan catatan kecil, hasil belajar kalian. Hal ini sangat membantu mempersiapkan diri kalian. Terus berlatih berulang-ulang, agar kalian semakin terbiasa tampil di depan umum. Sedikit cerita, dulu kawan S1 saya ketika awal perkuliahan dia sama sekali belum mampu berbicara di depan kami. Dia sangat gugup ketika presentasi, kerap diam dan bingung harus mengutarakan apa. Sampai kami tak tega, terlihat kegugupan di wajahnya. Namun, karena pembiasaan dia semakin lancar berbicara depan kelas. Begitu juga kalian yang sedang menempuh jenjang pendidikan, pastikan mempersiapkan diri untuk menjadi guru bukan? yang harus manggung tiap hari di depan siswa. Benar?

  1. Berkolaborasi dengan kawan satu kelompok

Biasanya presentasi dilakukan bersama dengan kelompok. Agar tampilan kalian beserta kawan menjadi maksimal, berkolaborasilah. Jadi, sebaiknya pembagian peran saat presentasi. Misal pembagian materi apa yang harus disampaikan, membagi masing-masing materi dengan kawan satu kelompok. Namun, setiap anggota harus tetap berperan seimbang demi kelancaran presentasi. Tetap pelajari semua materi agar ketika sesi tanya jawab, kalian tak kagok. Kompak dengan satu kelompok. Bukan hanya mengandalkan teman untuk satu topik tertentu.

  1. Berpenampilan menarik

Tak harus berdandan atau menggunakan baju bagus. Pakaian rapi, mengenakan pakaian yang nyaman, memilih warna sesuai kamu misalnya. Hal itu juga sebagai penunjang agar kalian tak mati gaya saat presentasi. Jangan sampai pakaian yang kalian kenakan kali itu menjadikan kalian tak nyaman dan akhirnya mengganggu performa kalian saat berpresentasi.

Begitulah tips pantang mati gaya saat presentasi dari saya pribadi. Semoga bermanfaat ya. Ada yang ingin menambahkan? Silakan berbagi di kolom komentar ya. Selamat malam….

22 tanggapan pada “Pantang Mati Gaya Saat Presentasi”

  1. dulu pas semester 1 aku lancar2 aja presentasi. selalu bisa menampilkan yang terbaik
    tapi pas semester 2 ini, baru sekali aku presentasi, dan itu gak maksimal. aku gak menguasai materi. dosenku kecewa. fiuuh
    sedih aku. jadi pelajaran banget buat aku

  2. Tulisanya sangat inspiratif sekali…..oh iya salam kenal mba, saya suka sekalu baca post blognya mba vera…😘
    Btw, saya juga yang udah smtr 7 masih suka dagdigdug jeder kalo mau presentasi…😹

  3. Pingback: Tips Presentasi Mandiri – Tulisan-nya Vera

Tinggalkan Balasan