Tips Atasi Bosan saat Belajar

Sumber : Pinterest edit By Canva

Kembali lagi pada sesi kolaborasi saya dengan Dek Rosh setiap bulannya. Topik kali ini dari saya yakni Tips Atasi Bosan saat Belajar.

Kalian betah belajar berapa jam nih? Terus biasa belajar atau mengerjakan saat pagi, sore, atau malam nih? Kalau saya hari-hari biasanya sering belajar atau nugas saat sore hari sampai dengan malam. Saya usahakan nggak sampai larut malam karena bakal berpengaruh pada jam tidur.

Belajar lama-lama ataupun nggak, pasti sering ngerasin bosen, jenuh, capek dan sebagainya. Saya juga ngalamin kok. Bergelut dengan laptop atau pun buku memang nggak bisa bertahan lama, jenuh. Pasti ada jeda dimana saya bakal rehat sejenak mengatasi bosen dan rasa capek itu. Menatap komputer ataupun fokus berjam-jam memang melelahkan. Tapi, tugas harus segera dituntaskan dan kewajiban belajar juga nggak bisa setengah-setengah, harus totalitas.

Sumber : Pinterest edit By Canva

Supaya hasil yang didapat maksimal dan baik, janganlah belajar atau mengerjakan tugas mendekati dealine. Jauh-jauh hari dikerjakan agar tak memakan banyak waktu dan menguras tenaga. Nah belajar harus konsisten ya, tapi juga hindari hal-hal yang merusak konsentrasi kalian. Buat kalian pelajar atau mahasiswa boleh nih tengok tips dari saya untuk mengatasi bosan saat belajar.

Atur Waktu

Kira-kira kamu membutuhkan belajar atau nugas berapa menit? misal satu jam kemudian dijeda berapa menit. Misal total semua adalah tiga jam, akan lebih baiknya buat skema waktu belajar kalian, salah satunya sisipi jeda mengurangi pusing dan lelah belajar.

Berbenah

Alasan bosan atau bikin nggak nyaman salah satunya tempat belajar yang kalian tempati biasanya nggak rapi. Meja belajar berserakan, kamar pun begitu. Agar kalian lebih nyaman belaja,r jeda waktu tersebut gunakan untuk berbenah. Lumayan ngaruh sih lingkungan belajar untuk konsentrasi dan kenyamanan kalian.

Makan

Nggak konsentrasi mikir dan gampang loyo salah satu faktornya adalah perut kosong. Makan akan menjadi asupan penunjang belajar. Jangan sampai belajar dalam keadaan perut kosong, susah konsentrasi. Jadi, makanlah agar lebih semangat belajar.

Sediakan Cemilan atau Minuman Hangat

Jeda waktu belajar bisa kalian gunakan buat nyemil ataupun nyedu minuman hangat. Kalau saya biasanya minum cokelat panas, susu,ataupun kopi dengan berhenti sejenak tanpa lihat laptop ataupun buku. Cukup menikmati saja.
Nonton atau Mendengarkan Musik
Kalau udah bosen, mood kacau, rasanya makin males buat belajar, ingin mnyudahi saja. Nah kalau udah kayak gitu, saya buka folder untuk nonton ataupun dengerin musik. Atau bisa pilih nonton youtube deh. Cari tayangan yang ringan-ringan aja biar suasana hati lebih membaik. Boleh juga sembari ikutan nyanyi, habis itu belajar lagi deh.

Istirahat Sejenak

Hari-hari ini saya suka gampang lelah buat nugas. Kalau dipaksain makin nggak bisa mikir. Nah biasanya saya jeda dengan tidur berapa jam gitu, biar lebih fresh. Ataupun bisa kalian lakukan dengan rebahan tanpa melakukan aktivitas apapun.

Kalian bisa tengok tips dari Dek Rosh nih.

Semoga bermanfaat ya.

5 tanggapan pada “Tips Atasi Bosan saat Belajar”

  1. Betul mbk vera, anak” biasanya kalo banyak tugas biasanya mengeluh, duuh capek lom kelar juga, akhirnya cari cemilan sambil cari handset , nyemil sambil manggut” dengerin musik, beberapa menit di kerjain lagi tuh tugas.

Tinggalkan Balasan