Ajak Si Kecil Mengenal Taman Kota Legendaris Kebun Rojo Blitar

20190215_005207_0001

Liburan semester kemarin ada satu hari saya keluar rumah. Di awal-awal hari libur saya nimbrung jalan-jalan santai dengan mbak (bulek) dan suami serta kedua anaknya. Mungkin beberapa dari kalian sudah sangat paham, familiar dengan foto anak kecil yang sering saya unggah. Anak dari mas dan mbak yang sering sama saya. Hampir setiap hari sama saya, uyel-uyelan menghabiskan waktu bersama. Bisa dikatakan saya nggak pernah absen lihat tumbuh kembangnya. Karena Rafael sudah cukup gede dan baru bisa jalan, momen buat ajak dia keluar rumah adalah hal yang ditunggu-tunggu.

Yang kerap dia lihat hanya sekitaran rumah saja, paling mentok main ke rumah saya (rumah nenek kami). Jadilah, pagi itu kami memutuskan untuk mengajak dia jalan-jalan dengan suasana yang dekat dengan dia. Yah kami mengajaknya ke taman kota legendaris kepunyaan Kota Blitar. Legend banget, dari saya kecil ini adalah taman kota favorit, sering dikunjungi. Hal yang masih sama dan dikenang dari dulu adalah banyaknya patung-patung hewan. Sampai kepada sekarang yang makin-makin apik dan dilengkapi beberapa fasilitas penunjang.

e837d-img_81512b800x533
Sumber : picswe.com

Kebun Rojo Blitar letaknya memang di tengah Kota, tepatnya di Jl. Diponegoro depan SMAK Diponegoro. Kebun Rojo ini memang bagian dari kompleks rumah kantor Walikota Blitar, tepat di belakang rumah kantor. Taman kota ini gratis untuk umum. Taman ini masih jadi favorit sampai sekarang? Ciri khas yang menempel sampai sekarang adalah banyaknya pohon nan tinggi rindang dan juga patung hewan tadi. Suasana asri di tengah kota didapatkan dari Kebun Rojo ini. Saya sendiri cukup dikatakan sering ke sini karena memang salah satu tempat favorit. Jarang banget saya ke sini ketika hari libur, jadi lumayan enak dan nyaman untuk menikmati suasana asri di dalamnya. Kemarin tepat di hari libur, banyak sekali pengunjung. Tumpah ruah jadi satu. Lumayan ramai dan sedikit kurang bisa menikmati.

Kebun Rojo ini terkenal dengan adanya aneka tumbuhan, satwa, dan arena permaianan anak. Memang didesain khusus untuk anak-anak dan piknik keluarga ya. Menambah wawasan akan aneka tumbuhan dan satwa yang ada. Cukup lengkap dan memuaskan pengunjung serta jelas untuk edukasi anak-anak. Aneka burung, rusa, kambing, monyet, kelelawar dan lainnya. Mereka semua berada pada kandang dan insyallah aman untuk anak kecil.

20190215_005850_0001

Kemarin Rafael antusias sekali melihat rusa dan kambing dari dekat. Dia ingin meraih mereka, rasa penasarannya muncul dan tak merasa takut. Bahkan sampai tak berkedip dan nggak mau beranjak. Pengunjung juga bisa memberi makan rusa dan kabming dengan sayuran seperti kacang dan wortel yang banyak dijajakan seharga 1000 saja satu ikatanya. Sangat cocok mengajarkan anak untuk menyayangi binatang bukan?

20190215_010017_0001

Kawasan Kebun Rojo ini pun luas, jadi banyak ruang untuk anak-anak bergerak. Tapi, mungkin memang lebih menikmati berkunjung di hari biasa saja. Jika liburan ya banyak orang, harus berhat-hati. Di sini bisa sekalian piknik, bawa bekal dari rumah, gelar tikar dan makan bersama. Tersedia banyak spot untuk duduk-duduk santai, di gazebo juga bisa hingga lumayan banyak kursi taman yang tersedia. Tak usah khawatir, jika tak membawa bekal di sini banyak penjual makanan dan minuman. Bisa banget kalau nggak ingin ribet dari rumah.

Di sini fasilitas untuk anak juga lumayan lengkap, disediakan arena bermain. Selain itu banyak yang menyewakan scoter, motor-motoran, sampai kepada melukis. Saya kemarin penasaran dan sempetin buat ikutan melukis, di tengah-tengah anak kecil. Hehe ternyata seru juga lo, ngilangin stres juga sih. Jangan ditanya, Rafael atusias sekali jalan sana-sini, nggak mau diem. Yang jaga harus super telaten. Kemarin kita juga menyantab mie ayam murah meriah di sana. Di atas rumput di bawah pohon rindang. Rumput di sini boleh diijak karena memang tak lebat, tapi tetap harus jaga kebersihan ya. Apalagi makan, sampahnya harus di buang sendiri-sendiri.

20190215_005921_0001

Agak jengkel juga sih masih ada beberapa orang yang nggak membersihkan sampahnya sendiri. Pengunjung selanjutnya kan jadi risih. Oh ya, penyediaan tempat sampahnya pun kurang memadai. Kalau banyak pengunjung seperti kemarin sangat kurang. Saya sampai harus muter dulu untuk buang sampah. Tempat sampah sudah sangat penuh. Harus rutin juga dicek. Kebun Rojo ini buka dari pagi sampai pukul 5 sore. Tidak dipungut biaya, pengunjung hanya membayar tiket parkir kendaraan saja.

Oh ya ini foto dari spot-spot di kawasan taman yang insgrama-ble juga. Ini adalah foto teman saya, sudah seizin yang punya. Dan foto ini juga yang mengambil adalah saya hehe. Ini adalah foto di beda waktu dari cerita utama.

8 tanggapan pada “Ajak Si Kecil Mengenal Taman Kota Legendaris Kebun Rojo Blitar”

  1. Tempatnya asri banget. Sangat cocok juga sih untuk bawa satu keluarga.

    Masalah sampah, karena dari kecil pendidikan kita tidak mengenal yang namanya buang sampah pada tempatnya. Bukan karena kita peduli sih. Karena mereka tak tau.
    Fenomenanya di mana-mana.

  2. Mungkin ke depan kalau begitu, Mbak Ve bisa bawa dulu sampahnya sampai dibawa pulang baru dibuang kalau nggak nemu tempat sampah. 🙂

    Aku jadi inget pas posting sesuatu di instastoriesku, ada yang replies dan berlanjut ngobrol. Salah satu obrolannya adalah, ternyata sekarang sudah jarang ya yang berwisata model seperti mbak Ve ini. Dateng sama keluarga, gelar tiker, piknik sederhana. Rata-rata sekarang menuju ke tempat selfie kekinian, upload di instagram.

    Tapi nggak ada yang salah kok dari keduanya.

  3. Selalu suka dengan aktivitas outdoor terutama main ke taman begini, untuk anak-anak. Semoga ke depannya Pemda lebih memperhatikan tempat ini ya Ver, supaya lebih bersih, asri dan nyaman untuk para pengunjungnya. Salam kiss kiss untuk Rafael yaaaa

  4. Pingback: Piknik Migggu Pagi, Berbagi Jajanan Lebaran – Tulisan-nya Vera

  5. Pingback: Kau dan Aku Bagian dari Kita : Kau dan Akku Thai Tea – Tulisan-nya Vera

Tinggalkan Balasan