Serba-Serbi Kembali jadi Mahasiswa

Oke tulisan ini akan mengalir begitu saja seiring si jari dan otak berjalan beriringan….

Udah dari lama kepengen nulis tentang seluk beluk, tentang perasaan, tentang pengalaman yang kesemuanya intinya adalah cerita kuliah saya di jenjang ini. Oke sebelum dilanjut kalian bisa baca tulisan saya terkait cerita kali ini supaya rada nyambung dan dengan itu kalian bisa memahami saya dengan amat baik #hohopedebanget. Akhirnya mimpi saya kewujud di tahun kemarin. Teristimewa di tahun kemarin, semoga jadi istimewa juga di tahun ini. Aamiin.

20190216_223438_0001
Sumber : Pinterest Edit by Canva

Kuliah dimulai di akhir bulan agustus tahun kemarin. Satu semester berjalan dengan cepat, itu tandanya bayar uang kuliah pun rasanya kilat. Barusan udah bayar ee tahu-tahu sudah genap 16 kali pertemuan.

Kampus yang sama tapi beda gedung. Dengan perpustakaan pusat masih berada pada sentra kampus, pun kembali sering berkunjung ke Fakultas Sastra semasa S1 dulu karena memang nyari referensinya di sana. Dosennya pun kebanyakan udah pada kenal karena S1 dulu juga diajar beliau-beliau. Bedanya kini satu kelas diampu oleh dua orang dosen. Kemudian bertemu dengan kedua pembimbing saya semasa S1 dulu. Masih inget, tapi saya yang masih suka sungkan. Ketemu juga dengan dosen baru, dimana S1 dulu belum pernah diajar. Dan tentunya bertemu dengan kawan baru. Yang dimana ekpetasi di kepala bakalan temenan sama ibu-ibu atau bapak-bapak, tapi ternyata salah besar. Saya termasuk angkatan tertua ketiga di antara angkatan yang ada. Kebanyakan baru saja lulus, adek unyu-unyu selepas S1 langsung nyambung buat S2. Salut buat semangatnya yang nyambung terus.

20190216_223816_0001

Jadwal kuliah memang tak sepenuh dan se-hetic di S1 kemarin. SKSnya jelas lebih sedikitkan. Jadwal kuliah memang dirapetkan karena memang banyak yang nyambi kerja. Kemarin semester 1 hanya kuliah empat hari dan selepas zuhur sudah selasai. Biasanya saya atau kami pakai buat ke perpustakaan. Sebenarnya saya punya niatan nyambi kerja di sana, ternyata ee ternyata saya nyerah karena bingung buat atur jadwal karena lumayan banyak kewajiban. Alhamdulillah masih bisa nulis-nulis nyuri-nyuri kesempatan.

S2 jelas berbeda dengan semasa S1 dulu dan saya rasakan betul. Awal-awal saya masih agak nyantai ngikutin kehetic-an kuliah yang sebenarnya bukan karena jadwal, tapi proses kuliahnya. Awal-awal saya masih bisa ngatur waktu buat ini sama itu. Nugas ini dulu baru itu, semua berjalan dengan teristematis. Lama-lama saya malah tambah bingung buat ngerjain yang mana dulu saking banyaknya karena setiap matakuliah selalu ada tugas. Dan setiap minggunya pengumpulan.

Memang di S2 ini lebih intens daripada S1. Otak saya diajak berpikir lebih keras. Sampai saya inget-inget kembali, dulu S1 saya ngapain sih? Perasaan nggak sampai musatin perhatian lebih dan lebih. Saya makin-makin merasa dangkal ilmu sampai di jenjang ini. Sepertinya yang saya pelajari di S1 dulu entah luluh lantah alias lupa/ilang, sekarang saya harus memaksa untuk mengingat. Tapi, dengan itu saya jadi berusaha buat nggak leha-leha kuliah karena memang nggak gampang eist bukan berarti nggak bisa diselesaikan.

Drastisnya saya jadi gampang begadang buat sekedar ngerjain tugas. Padahal dulu nggak pernah. Masa skripsi saja saya nggak pernah yang namanya lemburan. Ini nugas saja kadang sampai pagi. Awal-awal susah, ee mungkin sampai sekarang juga susah buat nugas sampai malam. Nggak bisa mikir kepepet karena hari-hari sebelumnya habis buat nugas lainnya.

Terkadang saya ngerasa ngeluh, susah banget. Pernah nguras tenaga dan emosi. Ada dua tugas selama semester 1 kemarin yang berhasil buat saya uring-uringan sampai panik. Tapi, semua terbayar walau IP juga nggak bagus-bagus amat. Ngerasa aja, nggak nyangka bisa semenakjubkan itu. Yah walau semua memang nggak harus diukur dengan nilai kan?

Dan di sela-sela kuliah alhamdulillah masih sempat ngeblog dan nulis-nulis lainnya. Karena jujur saja, ketika memulai mengerjakan tugas di saat itu buntet ide atau butuh pemanasan biasanya saya nulis ringan-ringan dulu. Salah satunya ya ngeblog.

Dilain kesempatan saya akan berbagi cerita apa saja yang saya pelajari selama kuliah S2 ini. Semoga bisa, semoga nggak malas . . . .

1 thought on “Serba-Serbi Kembali jadi Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *