Dia adalah Idaman Hati, Hutan Kota Wlingi

Idaman hati saya adalah ketenangan. Idaman hati saya adalah rasa segar seperti semua beban lepas dari pundak. Semua itu bisa saya nikmati ketika saya berkunjung ke sebuah taman. Mungkin dibalik nama Taman Idaman Hati seperti itu. Saya sangat setuju.

WhatsApp Image 2019-02-25 at 19.51.13

Salah satu momen dua tahun lalu, ketika iseng buka-buka file foto dan akhirnya menuai tulisan pada kali ini yakni saat saya berkunjung ke Hutan Kota Wlingi yang lebih dikenal dengan Taman Idaman Hati. Jauh-jauh dari Blitar,  saya dan Tutut (jelas saja patner sepanjang masa) rela buat ke sana. Kami menempuh perjalanan 45 menit untuk sampai ke sana. Jadi, Wlingi salah satu daerah di Kabupaten Blitar. Blitar kotanya saja begitu mungil, tapi Kabupatennya sungguhlah luas. Begitu adanya…

Sekali-kali melanconglah ke Kabupaten, mumpung ada tempat untuk menghirup ketenangan yang kala itu lagi gencar-gencarnya bertebaran beritanya dari mlut ke mulut sampai media sosial. Media sosial jelas bisa memikat dan memukau mata siapa saja. Tak terkecuali saya dan Tutut, ada kesempatan kita putuskan ke sana. Jauh-jauh hanya nyamperin taman kota? Se-idaman itukah ?

Kiranya hutan kota ini sudah ada sejak lama, namun sebelumnya terbengkalai hampir tak terawat. Jadi, menurut sumber disematkanlah kembali taman ini di tahun 2015. Kami berkunjung di awal tahun 2017, saat itu saya sedang libur kerja dan Tutut masih belum kerja. Tapi, keduanya sama-sama ingin mencari idaman hati yakni sebuah ketenangan.

Baca Juga : de Classe Gelato and Coffe, Gelato Pertama Blitar 

Taman ini terletak di Jl. Urip Sumoharjo Wlingi, Kab Blitar, berjarak sekitar 20 km dari Kota Blitar. Rute menuju Taman Idaman Hati sangat simple, dari Kota Blitar arahkan perjalanan ke timur menuju Wlingi (arah Malang). Sampai di pertigaan Tugu Garuda Wlingi belok ke kiri. Taman Idaman Hati terletak di kanan jalan dengan landmarknya yang cukup mentereng.Tak susah menemukannya, saya sendiri sebetulnya baru ngeh kalau rute yang selalu saya lewati ke Malang salah satunya melewati taman ini jika berkendara dengan sepeda motor atau mobil.

WhatsApp Image 2019-02-25 at 19.51.13 (1)Dari luar saja sudah terlihat adem karena memang banyak pohon-pohon rindang di dalamnya. Tempat parkir pun tak susah ditemukan dan masih dalam satu area taman, jadi tak perlu khawatir. Memang sesuai dengan fungsinya sebagai hutan kota, idaman hati memiliki berbagai jenis tanaman dan pepohonan. Dan yang jelas menarik mata buat saya adalah rerumputan hijaunya, boleh diinjak dan diduduki kok. Tak tahu sih nama spesifik rumputnya, sedikit lebat dan rada tinggi. Ini adalah spot  kami berlama-lama bercengkrama, yah nyaman daripada duduk di kursi taman. Selonjoran atau mau gulung-gulung boleh, asal tak takut kotor hehe. Eitss dan tentunya jangan buang sampah sembarangn supaya nggak risih saat duduk di atasnya.

Seperti taman-taman lainnya, dilengkapi fasilitas kursi taman, toilet, mushola, area bermain anak, gazebo, dan jungle track. Dan banyak persewaan mainan, penjaja mainan, penjaja makanan dan minuman di dalamnya. Sebenarnya juga sangat membantu bagi pengunjung yang tak bawa bekal misalnya, tapi buat saya sedikit agak menggangu jika begitu banyak. Asal-asal ingin menikmati udara segar malah tergiur dengan aneka jajanan hehe. Yang paling bikin jengkel jika sampah di mana-mana walau disediakan tempat sampah. Semua kembali ke kesadaran masing-masing ya.

Baca Juga : Menikmati Senja di Taman Pecut Kota Blitar 

WhatsApp Image 2019-02-25 at 19.51.11 (1)

 

WhatsApp Image 2019-02-25 at 19.51.11

Oh ya menjadi ikon taman ini yakni sebuah tugu yang berada di tengah-tengah taman. Tugu ini dikelilingi oleh taman yang indah dan merupakan spot foto favorit para pengunjung taman.  Terdapat landmark berupa bangunan dan air mancur di salah satu bagian taman ini, tidak sedikit yang mengambil foto di daerah ini. Kedua spot ini menjadi banyak incaran mata lensa bahkan ada beberapa anak sekolah kala itu bikin foto untuk album kenangan di sini. Bawa properti seperti balon, gitar, buku, perlengkapan piknik sebagai penunjuang foto, hehe seru lihatnya, kompak.

 

 

 

 

 

Info Selengkapnya :

Lokasi : Desa Beru, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar

Jam Buka : Pukul 06.00-17.00

Tiket Masuk : Gratis

 

5 tanggapan pada “Dia adalah Idaman Hati, Hutan Kota Wlingi”

Tinggalkan Balasan