Amalan Puasa di Kala Kamu Sibuk

Di ramadan, yang namanya aktivitas nggak akan berhenti alias tetap berjalan. Yang kerja tetap kerja, yang sekolah masih sekolah, kuliah demikian bahkan pekan ujian ada di bulan ramadan. Itu artinya aktivitas tetap kalian jalani walau porsinya memang sedikit berkurang.

Kemarin di minggu awal puasa saya masih kuliah, melaksanakan ujian. Di sela-sela kuliah dan tugas menumpuk itu memang rada susah untuk memaksa diri tetap beribadah di bulan suci ini. Memang semua terfokus sama kuliah, tapi selalu tersentil inget kalau ramadan adalah momentum yang nggak boleh dilewati begitu saja.

Disibukkan dengan banyak tugas, menjadi tantangan tersendiri. Kalau lagi puasa entah bawaannya gampang capek, mungkin ini mengeluh alias manja. Tapi, kalau nggak dipaksa buat segera selesaiin juga malah jadi numpuk. Kalau gitu, kadang udah lupa sama ibadah, capek dulu dan akhirnya ngerasa males hiks.

Saya pun menyiasatinya dengan tetap melakukan amalan di sela-sela kesibukan tanpa malas dan mengganggu aktivitas.

Tadarus Lewat Ponsel

Banyak banget aplikasi al quran yang bisa diunduh. Mudahnya, jika lewat ponsel bisa kita baca kapan saja dan di mana saja tanpa perlu bawa al quran fisik yang kadang dari beberapa orang masih suka nggak enak atau malu baca di depan umum. Mengapa milih ponsel? Ponsel sudah melekat di kehidupan kita, apa-apa yang tergantung dengan ponsel. Setiap hari kita selalu buka ponsel. Jadi, makin ngerasa nggak terbenani kan karena kita bisa tadarus lewat ponsel kita. Tadarus atau mendengarkan murotal lewat ponsel.

Nonton Youtube

Dengan youtube semua hal bisa kalian cari dan sangat mudah kalian peroleh. Misal kajian-kajian, web series, atau vlog-vlog ramadan. Bisa kalian tonton tuh di waktu senggang tanpa perlu beranjak. Atau pas lagi nunggu dosen atau bos ngoreksi kerjaan kalian, bisa sembari senderan di kursi dengerin kajian deh.

Baca Buku

Ketika ngampus di jam istirahat atau nunggu dosen bisa kalian manfaatkan dengan membaca buku kesukaan. Atau buat kalian yang lagi kerja, bawa novel ke kantor, bisa kalian baca di sela-sela kerjaan. Memang bukan salah satu bentuk ibadah sih, tapi setidaknya puasa kalian hari itu dilalui dengan baik nggak hanya menguap dan banyak tidur. Intinya melakukan hal-hal produktif.

Menulis/Ngeblog

Kegiatan ini mujarab banget buat saya ngisi sela-sela waktu sibuk di waktu puasa. Setelah berpayah-payah dengan banyak artikel, saya akan nulis-nulis ringan seputar keseharian di blog. Rasanya benar-benar nikmat dan nggak kerasa tahu-tahu udah menjelang berbuka. Buat kalian yang suka nulis, menulis menjadi salah satu kegiatan produktif mengisi hari di waktu puasa.

Nah, sebenarnya dengan mengikuti tantanga BPN 3Oharikebaikan selama ramadan ini, saya ingin memotivasi diri buat nulis di hari puasa. Agar puasa saya meninggalkan jejak apik, berkesan, dan insyallah baik karena juga pas momentum ramadan.

Apa daya, dari kemarin di malam takbir saya lemburan melunasi hutang. Yah malas adalah penyakit besar yang sudah 2 minggu lebih menggerogoti diri hiks.

#30HariKebaikanBPN#bloggerperempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *