Kue Kacang yang Selalu Ada Tiap Lebaran di Keluarga

Tepatnya tradisi menjelang lebaran tiba, kami selalu bikin kue kacang dengan bentuk rupa-rupa. Selalu buat tanpa pernah absen hingga lebaran tahun ini lo. Rasa-rasanya kue kacang nggak bisa dipisahkan atau nggak boleh absen dikeluarga kami. Padahal jajanan macem-macem, beragam-ragam udah kebeli. Tapi, kue yang satu ini serara master dari segala macem yang harus ada dan duduk manis di toples ruang tamu kami saat lebaran.

Biasanya ibuk dan emak buat h-7 atau h-5 lebaran. Saya tinggal bantu cetakin dan olesin kuning telurnya. Bisa memilih cetakan macem-macem untuk bentuk kuenya. Ibuk punya cetakan macem-macem, tapi paling sering cetakan bentuk hati, waru, dan bulan sabit.

Melumat dua sampai 3 kue udah kenyang karena gembul khas keluarga kami. Biasanya nastar atau kue-kue kering lainnya kan tipis, enak dipandang, kue milik kita gembul banget. Tapi, rasanya nggak pernah kalah dengan yang lain serta lembutnya nagih tanpa digigit bisa diemut, langsung ludes deh.

Tradisi bikin kue kacang ini udah lama banget, kebetulan ibuk memang bisa dan hobbi bikin kue. Semoga nular ke saya ya hihi. Kami akan seharian nyetakin kue ini dan nunggau matang dari oven. Sampai jenuh sih ya karena bikinnya nggak tanggung-tanggung, banyak banget.

Sampai sanak saudara udah paham betul kalau keluarga kami selalu bikin kue kacang ini. Selalu bikin banyak selain untuk konsumsi sendiri dan disuguhkan pada hari raya, biasanya kami membagikan ke sanak keluarga dekat. Udah jadi kue lebaran yang ditunggu-tunggu. Bahkannya lagi, tamu yang sering ke rumah tiap lebaran hafal betul tentang kue ini. Kalau nggak bikin atau nggak nongol di meja selalu ditanyain hihi.

Kalau tradisi lebaran khas keluarga kalian apa nih ?

#30HariKebaikanBPN#bloggerperempuan

2 tanggapan pada “Kue Kacang yang Selalu Ada Tiap Lebaran di Keluarga”

Tinggalkan Balasan