Cara Memasak Ketupat Simpel dengan Panci Presto

Sebenarnya di keluarga kami lumayan jarang bikin atau konsumsi ketupat. Kami lebih sering menggantinya dengan lontong sebagai teman si soto. Tapi, kami juga terkadang beli ketupat jadi. Eee saya ingat juga, tak jarang kami bikin sendiri ketupatnya dari janur sampai olahannya.

Memang yah, ketupat identik dengan lebaran. Tapi, di tradisi kami ketupat pertanda lebaran telah usai. Maka dari itu, kami jarang masak ketupat karena hal tersebut. Ada rasa kecewa dan sebal ajah hehe. Lucunya saya mengira lebaran benar-benar selesai. Suka nggak rela hehe.

Biasanya ketupat ditaruh di atas pintu rumah lo. Entah maknanya apa. Mungkin di antara kalian ada yang tahu, bisa berbagi di sini. Mohon pencerahannya hihi.

Kalau disuruh memilih, saya suka kalau ketupat padu padan sama soto atau opor ya. Dipotong sesuai selera, biar nggak eneg dan tetap bisa menikmati. Katanya sih masak ketupat gampang-gampang susah. Saya nggak tahu juga sih, cuma sula bantuin nakarnya ajah.

Ketupat untuk momen spesial lebaran ini harus pula dibuat spesial untuk dinikmati tamu mulai dari sanak suadara, kolega, sampai kepada tetangga. Supaya semua riang gembira bersama menikmati hidangan dengan ketupat. Cara simpelnya salah satunya dengan panci presto, katanya supaya lebih cepat dan lumayan muat banyak.

Berikut cara simpelnya.

  1. Isi beras ke wadah ketupat. Isi jangan sampai penuh ya, soalnya nanti mengembang eh hehe.
  2. Baru deh masuk dan tata ketupat ke dalam panci prestonya.
  3. Isi air untuk merendam ketupat.
  4. Masak dan tunggu sampai satu jam kedepan.
  5. Selesai, baru deh siap dihidangkan.

Gimana simpel bukan? Kalau ada yang tahi cara yang benar boleh berbagi di kolom komentar ya.

#30HariKebaikanBPN#bloggerperempuan

1 thought on “Cara Memasak Ketupat Simpel dengan Panci Presto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *