Perbedaan Infak, Zakat, dan Sedekah

Di postingan ini saya juga rada mikir keras. Mikir keras dibuat sekalian belajar. Jadi, sama-sama belajar yang kemudian saya rangkum pada tulisan ini. Topik BPN yang saya lunasi selanjutnya adalah berkaitan dengan infak, zakat, dan sedekah.

Jujur aja, saya ternyata masih awam dan perlu belajar ketiganya. Oke setelah menilik dan belajar, saya akan coba jelaskan lebih simpel ya.

Infak

Infak merupakan suatu usaha mengeluarkan sebagian rejekinya dari pendapatan atau penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan dalam agama Islam. Nah kata kuncinya, infak nggak mengenal hisab yang berbeda dengan zakat.

Sedekah

Oke kita melompat ke sedekah dulu aja ya, biar mudah memahaminya. Pengertian sedekah hampir sama dengan infak dan segala ketentuannya. Namun, sedekah memiliki ruang lebih luas lagi. Jika infak berkaitan dengan materi, tidak demikian dengan sedekah. Sedekah menyangkut hal-hal nonmateri, semisal tuh kita bisa berbagi makanan ataupun baju-baju yang tak terpakai tapi masih layak untuk disumbangkan ke panti. Oh ya, senyuman juga sedekah.

Zakat

Zakat identik dengan ramadan menuju lebaran ya. Nah zakat ini merupakan usaha atau perintah wajib untuk mengeluarkan sebagian hartanya. Wajib dikeluarkan bagi mereka yang memenuhi syarat kepada orang-orang tertentu.

Penjelasan nan sangat-sangat simpel ya. Jika kalian memiliki pengetahuan cukup akan ini boleh sekali berbagi di kolom komentar.

#30HariKebaikanBPN#bloggerperempuan⁣⁣

2 tanggapan pada “Perbedaan Infak, Zakat, dan Sedekah”

  1. Zakat di alquran disebut sedekah, infak juga sedekah, senyum sedekah, menyingkirkan duri di jalanan sedekah, istri yang membantu meringankan nafkah keluarga sudah bersedekah. Daan… setiap ruas sendi kita perlu disedekahi tapi terbayar dengan 2 rakaat salat duha.

    Sederhananya, setiap bentuk kebaikan itu bernilai sedekan, baik materi atau selainnya. Follback ig aku juga bisa jadi sedekah lo ka, laaahh🌝🌚

Tinggalkan Balasan