Persiapan Rutin Lebaran Ala Keluarga Kami

Sekali lagi mohon maaf lahir bain buat semuanya yaa ….

Lebaran menjadi momen seluruh keluarga inti, dekat, maupun yang banyak merantau, untuk berkumpul. Serta silaturohim ke beberapa kolega, kawan, tetangga, dan orang-orang istimewa. Momen lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tapi, ya suka sedih ramadan berlalu cepatnya. Kesemuanya itu tetap membaur gembira di bulan lebaran.

Karena nenek merupakan salah satu anak tertua di antara suadaranya, jadinya kediaman kami selalu menjadi persinggahan wajib keluarga besar. Ayah pun anak pertama, jadi saudara beliau memang kebanyakan berkumpul di rumah. Selain itu, momen berkunjung bergantian ke rumah tetangga juga. Maka dari itu, persiapan ini sering dilakukan oleh kelurga kami setiap menjelang lebaran.

Membersihkan Rumah

Kadang sampai cat ulang rumah, tapi tidak setiap tahun jika masih tampak bagus. Kami selalu bekerja sama untuk membereskan rumah bahkan tak jarang meminta bantuan untuk membereskan setiap sudut dan mengepelnya, di mana rumah nenek ini nggak bisa dibilang kecil. Selain itu, pekerjaan rumah lainnya harus selesai seperti nyuci baju, setrika, cuci piring. Intinya rumah siap untuk didatangi tamu.

Ziarah

Nyekar atau ziarah ke keluarga kamiyang telah berpulang kepadaNya. Yah, kakek kami sudah meninggaal hampir 4 tahun lalu. Sebelum lebaran tiba kami berziarah atau nyekar ke beliau dan saudara kami lainnya.

Kue Kacang

Yah kue kacang dan kacang hijau sebenarnya menu wajib lebaran di keluarga kami. Tapi, tahun ini kami hanya bikin kue kacang. Keduanya adalah favorit keluarga kami, selalu nongol di toples ruang tamu walau tahun ini absen satu ya.

Menyediakan Jajanan Lebaran

Selain bikin, kami jelas juga beli kue atau jajanan lebaran untuk suguhan para tamu. Beraneka ragam ke lebaran berjejer di meja. Ada tiga sudut di rumah kami untuk menerima tamu, dua di ruang tamu utama dan satu di ruangan keluarga. Enak, luas dan bisa dengan leluasa menerima tamu.

Menyiapkan Masakan

Yah kami sekeluarga juga menyiapkan hidangan untuk para tamu. Lebaran pertama kemarin bikin ayam rica-rica dan soto. Hari berikutnya masih soto dan nasi pecel. Menu-menunya selalu berganti setiap hari demi menjamu tamu.

Persiapan lebaran di keluarga kalian apa aja nih?

#30HariKebaikanBPN#bloggerperempuan

Tinggalkan Balasan