Gejala Mata Kering Harus Dihindari,  Insto Dry Eyes Solusinya

WhatsApp Image 2019-07-30 at 19.32.01 (1)

Liburan semester genap tuh bisa 3 bulan lamanya. Sampai bingung sih mau ngisi liburan buat ngapain aja. Inginnya melakukan hal-hal produktif setiap hari karena pada dasarnya saya tuh sering banget mager alias males gerak. Pasti kegiatan saya nggak jauh-jauh sama yang namanya laptop, ponsel, dan tv. Ada waktu bisa berjam-jam lamanya nonton drama Korea, begadang pun dijabanin. Kadang kala, bener-bener nggak bisa lepas dengan ponsel. Jari makin hari makin lihai berkat setiap waktu buka sosmed, scrol sana-sini. Kalau nggak gitu, bisa juga matengin youtube sampai mata pegal dan sepet. Nah, bisa juga seharian saya nonton tv sembari tidur alias geloyoran. Nggak sehat banget kan posenya? ah udah tahu padahal wkwk. Apalagi natap layar juga nggak sebentar. Setiap hari, mata ini nggak pernah absen natap layar gadget.

Selama liburan secara nggak sadar saya udah ngebentuk pola hidup nggak sehat. Ada suatu waktu saya ke kafe buat nulis dan harus ditemani es kopi. Kembali menatap laptop berjam-jam lamanya. Mulai dari nulis, edit foto, unggah tulisan, sampai baca beberapa artikel. Benar nggak ada jeda buat mata ini istirahat. Apalagi hobbi ini memang nggak bisa jauh dengan namanya laptop dan ponsel. Kalau pas senggang, saya biasa juga edit video karena baru-baru ini saya lagi antusias dengan bikin video pendek. Edit video itu nggak mudah, bisa beberapa kali ngulang karena kesalahan. Nah, waktunya nggak sebentar buat natap layar. Kadang kala sampai punggung sama leher ikutan pegel dan nggak enak banget rasanya. Kalau udah gitu, akan banyak mempengaruhi aktivitas.

Nah satu lagi karena saya sekarang lagi suka olahraga lari, ada sedikit juga keluhan sama mata. Medan yang nggak selalu sama yang saya lewati, kadang aspal, kadang jalan bebatuan, kadang jalan berpasir yang mengakibatkan mata sering kelilipan. Lari butuh konsentrasi tinggi sama medan yang dilalui, jadi kadang konsentrasi terganggu karena mata perih akibat debu yang sebelumnya memang mata saya udah terforsir dengan kegiatan-kegiatan di atas. Makin-makin numpuk deh.

Berlama-lama di depan layar laptop tanpa jeda, nggak hanya bikin leher sama punggung pegel, matapun bisa juga pegel. Kadang konsentrasi jadi ambyar, ujung-ujungnya nggak maksimal buat nyelesain kerjaan. Apalagi semester kemarin sering begadang untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah, nggak cuma satu. Jadi, nggak jarang tidur hanya beberapa jam saja demi terselesaikannya tugas. Memang melakukan aktivitas di depan laptop tanpa jeda, bikin efek nggak baik buat kesehatan. Salah satunya mata gampang pegel dan itu tanda-tanda alias gejala mata kering. Butuh pelumas karena produksi air mata berkurang karena terforsir banyak aktivitas.

Selain itu, aktivitas yang kurang baik di atas bikin mata sepet. Duh, kalau udah mantengin ponsel, nonton youtube bisa sampai berjam-jam lamanya. Saking asyiknya kadang juga sambil rebahan alias tiduran. Udah nggak baik banget, mantengin layar dengan posisi seperti itu. Berjam-jam pula, bisa tahan nggak jeda. Duh, sosmed dan youtube emang candu. Saya sempat ingin puasa sosmed dan batasin waktu buat sehari hanya berapa jam hanya sibuk sama ponsel. Soalnya selain candu, efeknya juga nggak baik buat kesehatan.

Pun, sekarang sukanya olahraga lari yang tak jarang mata kena debu dan kadang terasa sangat sakit karena memang mata nggak terlindungi apapun. Dikarenakan memang saya juga nggak pakai kacamata, makin menjadi deh. Padahal mata juga butuh dilindungi supaya lebih nyaman buat konsentrasi lari, terhadap medan yang saya lewati. Duh, kesemuanya adalah gelaja mata kering. Kalau lama-lama dibiarkan juga nggak baik karena produksi air mata yang sebagai pelumas alami berkurang.

WhatsApp Image 2019-07-30 at 19.32.01 (7)

Buat saya, kamu atau kalian yang aktivitasnya nggak jauh-jauh sama seperti saya, bisa coba aktivitas sederhana seperti berikut agar terhindar dari mata kering.

  1. Memberikan jeda 20 sampai 30 menit ketika kalian melakukan aktivitas di depan layar laptop, komputer, ponsel, dan TV.
  2. Berkedip secara teratur. Kadang kalau lagi asyik sampai lupa diri kan? hehe.
  3. Memandang hal-hal yang menyejukkan mata, semisal tanaman di luar rumah atau luar kos kalian.
  4. Terkadang saya juga merendam mata di air (duh gimana bahasanya hihi)
  5. Pakai kacamata saat di luar rumah atau berkendara sepeda motor. Kalau nggak gitu kaca helm harus ditutup agar terhindar dari debu.
  6. Minum air putih 2 sampai 8 gelas dalam sehari.

WhatsApp Image 2019-07-30 at 19.32.01 (3)

Nah selain cara sederhana di atas, butuh banget yang namanya pelumas mata salah satunya dari Insto. Insto Dry Eye dapat mengatasi gejala mata kering yang disebabkan beberapa faktor yang saya sebut sebelumnya. Insto Dry Eyes merupakan varian baru dari Insto yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi mata kering. Insto Dry Eyes memberikan efek pelumas bagi gelaja mata kering. Bahan yang terkandung pun aman seperti Hidroxyprophylmethyl selulose dan Benzalkonium Chloride. Sensasi dingin setelah kita teteskan di mata. Seperti air, nggak ngerasa perih dan aneh setelah menggunakannya. Aman dan nyaman banget.

WhatsApp Image 2019-07-30 at 19.32.01 (10)

Buat saya yang kadang nggak terlalu suka mengandalkan obat, setelah pakai Insto Dry Eyes nggak ada rasa kecewa. Puas karena aman dan nyaman banget saat diteteskan di mata. Buat kalian yang juga mengalami gelaja mata kering, saya sarankan juga buat pakai Insto Dry Eyes. Kalian bisa membelinya di apotek terdekat dengan harga 14 ribu saja.

WhatsApp Image 2019-07-30 at 19.32.01 (4)

2 tanggapan pada “Gejala Mata Kering Harus Dihindari,  Insto Dry Eyes Solusinya”

Tinggalkan Balasan