Coba Lakukan Kelima Hal Ini Agar Terhindar Dari Stres

Aku merasa pada titik terendah. Rasa-rasanya semua beban ini menumpuk jadi satu. Apapun yang aku lakukan tak pernah benar, serasa tak berguna! Mengapa hidupku tak bahagia atau sesukses mereka?

Pekerjaan di kantor makin numpuk. Bos marah-marah terus. Pekerjaanku selalu buruk di matanya.

Kenapa dia meninggalkanku di saat aku lagi sayang-sayangnya? Bahkan dia tak berucap apapun sebagai tanda perpisahan. Apakah aku kurang cantik atau tak pengertian padanya?

Kebutuhan anak makin gede juga makin banyak. Pekerjaan rumah tangga serasa nggak ada habisnya. Apalagi si anak juga makin gede makin bandel. Suami malah sering pulang malam.

Pernyataan di atas, mungkin bisa disebut sebagain dari penyebab stres. Masalah atau keadaan yang dirasa tak baik. Dipikirkan dalam-dalam sampai jelas menguras pikiran yang bisa menyebabkan stres. Serasa jalan keluar tak pernah muncul. Semua juga seakan menumpuk terus-menerus tanpa solusi. Kegalauan melanda tanpa jeda, mungkin demikian.

Jika kamu berada fase demikian, jangan lama-lama terpuruk. Segera atasi! Keadaan tersebut sangat tidak sehat bagi mentalmu. Ketika saya berada pada fase demikian pun, menjadikan rendah motivasi, galau berkepanjangan, bahkan melakukan apapun serasa tiada guna. Memang kadar masalah setiap manusia berbeda. Ketika ia merasa tidak mampu keluar dari belenggu masalah itu, berarti itu sangat berat baginya. Setiap orang pun punya kendali berbeda atas masalahnya.

Baca Juga : Tips Menjadi Produktif

Stres menjadi hal yang harus dihindari. Boleh kamu berkeluh kesah karena itu lumrah. Boleh kamu merasa terpuruk, tapi segera bangkit. Dan obati! Jika kamu sedang berada pada fase itu, intip yuk kelima hal ini untuk mencegah stres.

Me Time

Luangkan waktu untuk lebih mengenal diri sendiri. Berikan waktu untuk memanjakan diri sendiri, mungkin solusi ini bisa kamu terapkan. Begitu juga saya, ketika rasa-rasanya semua menumpuk dalam pikiran, saya akan segera ambil tindakan tegas. Saya tidak mau  kalah dengan keadaan.

Buang dan berikan jeda!  Coba seperkian waktu itu tidak kamu pikirkan semua beban itu. Bisa kamu lakukan dengan beribadah, mendekatkan diri denganNya. Atau kamu bisa memanjakan diri dengan hal yang kamu sukai. Coba kamu sisihkan waktu untuk membaca buku atau menonton film kesuakaan. Jika kamu ingin suasana berbeda, pergi ke kedai kopi berdiam di pojokan untuk membaca buku.

Olahraga

Menahan silaunya terik matahari

Luangkan waktu untuk berolahraga juga. Bergerak adalah salah satu solusi baik untuk meluapkan segala beban.Beban yang bukan hanya di  pikiran, tapi fisikmu demikian menjadi tak berdaya atau loyo.  Bergeraklah supaya syarafmu yang mungkin melilit bisa kendor. Tak perlu olahraga berat. Coba kamu pilih bersepeda di pagi atau sore atau ikutan senam ibu-ibu kompleks. Kamu memang butuh menghirup udara segar dan mengendorkan ia yang  rekat.

Jalan-jalan

Jalan-jalan adalah salah satu cara yang kerap saya lakukan kita saya sudah mulai penat. Nggak baik nih, nggak boleh dibiarkan! batin saya. Tetiba random ajah gitu. Saya ke mall, ke toko buku, atau kedai kopi. Walau nggak beli, setidaknya sudah keluar dari kepenatan kamar, rumah, kampus ataupun kantor. Terkadang saya duduk-duduk ajah gitu di mall atau di tempat ramai cuma ngelihat orang lalu lalang. Kamu juga bisa ke taman atau tempat wisata (alam gitu). Hirup udara segar!

Bertemu Orang

Bertemu orang di sini, kalian bisa janjian ketemu dengan teman. Tidak semua masalah bisa kamu pikul sendirian. Kamu butuh teman, kamu butuh solusi dari mereka walau tak akan mampu merubah keadaan misalnya. Atau cukup kamu bercerita saja. Apa yang menghimpit jangan dibiarkan semakin dalam. Menghimpit sampai membuatmu tak punya daya menjalankan aktivitas. Dari mereka kamu bisa ambil nasihat positif atau kepuasan atau perasaan lega setelah kamu bercerita.

Tidur atau Ngemil

Saya adalah tipe manusia ketika stres menyerang, saya nggak mau ambil pusing. Hal yang saya lakukan adalah tidur. Tidak ingin semua menghantui dan membuat kepala makin tambah pusing. Tidur adalah solusi yang kerap saya ambil. Walau setelah bangun, tak mungkin masalah atau beban itu selesai. Setidaknya saya memberikan jeda bagi kepala (pikiran) dan badan untuk istirahat. Bangun-bangun memiliki energi baik untuk mengentaskan satu-persatu. Jika kamu suka ngemil, ngemil bisa jadi cara untuk mencegah stres. Ada yang bilang,  makan akan membuatmu bahagai. Mungkin ngemil juga bisa membuatmu demikian.

Semoga apa yang menjadi bebanmu makin mendewasakanmu.

2 thoughts on “Coba Lakukan Kelima Hal Ini Agar Terhindar Dari Stres

  1. Naik Kereta

    Satu dari sekian banyak hal yang bisa dicoba untuk menghilangkan stres: naik kereta. Pergi ke suatu tempat baru dengan naik kereta itu sangat amat menyenangkan. Mendengarkan lagu pakai earphone di telinga, berbicara tentang apa saja dengan orang yang duduk di sebelah kita, sampai memandangi lanskap berbagai kota dari balik jendela kereta. Coba deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *