Tips Buatmu (Mahasiswa Baru) Mudah Beradaptasi di Universitas

Haloha….

Siapa nih di antara kalian yang baru dinobatkan jadi maba alias mahasiswa baru?

Gimana kesan pertama masuk kuliah?

Ada halang rintang nggak nih?

Ngomong-ngomong nih ye, pertama kali saya ucapkan selamat ya buat kalian yang udah berjuang keras menembus kampus impian. Selamat buat kalian yang udah diterima di kampus idaman. Dan kedua, buat kalian yang belum beruntung jangan berkecil hati. Hari-hari esok harus dilewati, tetap semangat dan persiapkan diri untuk tahun berikutnya.

Mungkin ada beberapa kampus yang udah aktif perkuliah dari awal bulan kemarin. Ada juga kali ya yang baru masuk. Telat nggak nih postingan? nggak apa yee, telat dikit.

Buat kalian para maba-maba gemesh, ini adalah dunia baru buat kalian. Langkah selanjutnya dari masa putih abu-abu yang pasti banyak banget cerita serunya. Tapi, bukan berarti saya nakut-nakutin dunia kampus itu serem ya. Saatnya menjadi titik awal buat beradaptasi menjadi mahasiswa. Pasti di awal-awal kalian merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Saya tahu gimana lumayan sulitnya buat memulai hari baru di dunia baru, masih asing.

Hal yang paling dasar terlihat mencolok adalah sifat kemandiranmu. Apalagi kamu memilih untuk kuliah di kota lain alias merantau. Dulu kamu masih punya temen dan orang tua di dekatmu, sekarang? kamu harus benar memulainya dengan sendiri. Kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan barumu, kampusmu agar kuliahmu pun lancar.

Untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru (kampus), kamu bisa terapkan beberapa tips ini. Yuk simak!

Bangun Sifat Mandiri

Tips pertama ini penting harus kamu terapkan awal kali. Kamu jauh dari orang tua, jadi kamu harus bertangungg jawab dengan dirimu sendiri. Tekankan dalam diri bahwa kamu bisa sendiri, tapi jangan menutup diri juga dengan orang lain. Kamu atur kehidupanmu sendiri, mulai dari keuangan dan kuliahmu. Penting banget buat kamu, agar kamu lebih siap menghadapi dunai baru.

Baca Juga : Tips Manajemen Keuangan Ala Anak Kos

Cari Tahu Informasi Sebanyak-Banyaknya tentang Fakultas dan Jurusanmu

Awal kali memutuskan untuk ambil jurusan yang kamu inginkan, pasti kamu juga cari informasi tentang jurusan itu. Tapi, sepertinya nggak cukup jika hanya seputar teknis saja. Kamu harus beradaptasi dengan lingkungan fakultas juga. Kamu harus cari informasi tentang sistem pembelajarannya juga, matakuliah apa saja yang harus kamu tempuh. Selain itu, kamu juga harus familiar dengan gedung fakultas semisal perpustakaan, mushola fakultas, kantin, dan penting juga kantor dosen serta gedung administrasi fakultas. Biasnya kampus juga akan kasih kamu buku panduan tentang universitas dan fakultasmu.

Membuka Diri dengan Orang Baru

Cobalah untuk membuka diri dengan orang baru walau mungkin sebagian dari kamu ngerasa ini adalah hal yang sulit. Tapi, sangat penting untuk masa kuliahmu. Plus agar kamu juga dapat temen baru. Kamu nggak akan mungkin lepas berinteraksi dengan orang. Apalagi di dunai barumu, biasanya kamu akan lebih sering kerja kelompok untuk tugas kuliah. Nggak mungkin kamu terus-terusan menutup diri bukan? Dunia perkuliahanmu juga akan berkesan jika dijalani dengan teman-teman. Kalau bisa nggak hanya dalam kelas aja, kamu bisa makan di kantin di jeda menunggu perkuliahan selanjutnya. Atau memustukan untuk jalan-jalan bareng. Supaya ya dunia kamu yang udah jadi mahasiswa itu nggak monoton.

Selain dengan teman sekelas atau seangkatan, kamu juga bisa menambah relasi dengan kakak tingkat. Cari tahu juga seputar jurusanmu dengan mereka. Biasanya mereka juga tak jarang memberikan nasihat buatmu. Jangan malu untuk bertanya ya.

Ikut Klub Fakultas atau UKM Universitas

Supaya kamu tidak dicap sebagai mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang aja, kamu bisa ikut klub fakultas atau UKM Universitas. Saya rasa ini penting, agar kamu dapat pengalaman lain yang nggak kamu dapat di kelas. Menambah relasai juga lo. Berguna juga buat kamu nantinya, kamu udah mengantongi pengalaman lebih dari temanmu misalnya. Berprestasi di luar kelas pula.

Intinya, tak selamanya dunia kampus itu menyeramkan. Kamu harus fokus terhadap apa yang kamu impikan. Gali terus potensimu selama jadi mahasiswa dan banggakan orang tua kalian.

Semoga membantu . . .

Tinggalkan Balasan