Kedai Kopi Ini Bernuansa Jawa yang Wajib Kalian Sambangi : Kedai Loka (KopiLoka) Blitar

Saya udah pernah bahas sekilas tentang kedai kopi satu ini. Salah satu kedai kopi favorit saya di Blitar. Bisa tuh seminggu sekali saya ke sini, secinta itu sih. Hemm ternyata udah hampir sebulan nggak ke sana.

Kedai kopi favorit ala saya, ketika saya udah ngerasa nyaman buat melakukan aktivitas, suasananya yang baik plus nyaman, baristanya ramah, bisa ngelakuin apapun tanpa kagok, suasana kedai, dan kopi tentunya.

Kenal kedai ini udah cukup lumayan lama ee baru sempat saya tulis sekarang, hemmm dasar pemalas.

Di Blitar memang udah makin banyak kedai kopi bermunculan. Benar-benar digandrungi sih minuman satu ini. Selain rasa dari kopi sendiri, yang bikin menarik satu kedai kopi adalah tempat ngopinya. Bagaimana suasananya, ornamen atau interiornya. Jadi nilai plus tersendiri buat pecinta kopi untuk berkunjung.

Kedai Loka ini salah satunya. Yang bikin saya dan sebagian besar tertarik adalah bangunannya. Bangunan khas Jawa hampir seperti Joglo walau tidak terlalu luas dan memajang. Bangunan yang identik dengan ornamen kekayuan, khas Jawa. Kalian berasa sedang berkunjung ke rumah nenek, saya sih ngerasanya demikian.

Kedai Loka ini sebelumnya adalah salah satu tempat makan di Blitar yang kemudian diubah jadi kedai kopi. Saya kira ide bagus sih. Menikmati kopi dengan suana kental khas Jawa. Beda dari yang lain. Punya keunikan sendiri yang sukses memikat hati. 

Ada beberapa spot favorit pengunjung ketika bertandang ke sini. Spot depan, tempat duduk berbentuk melingkar. Bisa lihat pemandangan jalan sembari ngopi di sela-sela obrolan dengan teman atau kolega. Di bagian dalam juga tak kalah enak.  yang tidak ada sekat dinding alias semua memang berbahan kekayuan.

Bagian dalam, ada beberapa tempat duduk kayu yang bisa pengunjung pilih. Kursinya pun mengingatkan saya dengan kursi-kursi jaman jadoel. Kalau spot favorit saya sih duduk di saung ala-ala gitu. Bisa selonjoran, longgar, dan lebih nyaman alias pewe.

Yang bikin mata tertarik lagi adalah bagian belakang coffee bar, terdapat tungku dari tumpukan batu bata. Seneng gitu lihatnya. Pokoknya di sini semua dari kekayuan. Tidak terkukung dengan dinding, cukup kekayuan yang membawa kita pada arti kesederhanaan.

Eee ternyata saya belum ke inti satu lagi ya. Tahu-tahu udah berapa paragraf nih hihi.

Nah untuk kopi favorit saya adalah Kopi Susu Gula Aren. Setiap bertandang ke sini saya selalu pesan menu itu sih, jarang ganti. Kopi Susu Gula Aren yang paling enak, sesuai sama selera saya dari beberapa menu sama yang pernah saya coba (dari kedai kopi lain). Favorit sih! Manisnya pas, gula aren asli,  enak! Nggak bikin eneg dan nggak aneh rasanya. Semua berpadu pas, sempurna sesuai selera.

Menu pendamping yang tak kalah yahut, seringnya saya memesan siomay kukus dan goreng. Gila! Enak banget! lembut dan kerasa empuk. Dagingnya dan bumbu perpaduan yang pas. Biasanya kulit siomay kan keras, ini nggak lo. Sesuai sih sama lidah pokoknya!

Menu kopi yang bisa kamu pesan ketika bertandang ke sini seperti Matcho-Latte perpaduan espresso, milk, dan mactha. Menu kopi unik lainnya adalah Es Kopi Balik Kampung yaitu perpaduan espresso, dawet , cocomilk, palm sugar. Ada juga kopi susu dengan campuran rum (insyallah halal), saya lupa namanya kalau nggak salah Es Kopi Loka. Kalian pecinta kopi juga bisa nikmati menu kopi single orogin. Menu selain kopi ada kok seperti aneka teh dan cokelat misalnya. Agar lebih jelasnya kalian bisa kunjungi instagramnya aja yay @kopiloka.

Harganya pun masih sesuai kantong kita-kita kok, harga per-menunya nggak lebih dari 20ribu kok. Gimana? Dijamin masih bisa ngopi enak tanpa bikin kantong kering.

Dokumentasi Rizky Almira

Saya memang suka berlama-lama di sini. Kerap nenteng laptop atau bawa buku. Bisa betah berlama-lama mengerjakan tugas atau menyelesaikan kerjaan. Tak jarang juga hanya me time seperti baca buku atau melengkapi bujo. Dan, saya nggak segan dan pasti ajak temen buat ke sini karena tempatnya cocok buat kita ngobrol-ngobrol.

Informasi Selengkapnya :

Lokasi : jl lawu no. 18 (Kopiloka)

Jam Buka : Pukul 15.00-24.00

Instagram : Kedailoka

6 tanggapan pada “Kedai Kopi Ini Bernuansa Jawa yang Wajib Kalian Sambangi : Kedai Loka (KopiLoka) Blitar”

  1. GIlaaa berasa di rumah nenek. Huehuehuhe. Seru banget sih kalo gue pas lagi jalan-jalan pulang kampung terus main ke coffee shop kayak gini (padahal kampungnya bukan di blitar) hehehe. :p

    Anyway, salam kenal yaa. Baru pertama kali nih main ke sini.

Tinggalkan Balasan