Cegah Malas Buat Kaum Mahasiswa Akhir (Tips Cegah Malas Mengerjakan Skripsi)

Angkat tangan nih mahasiswa rebahan! Mana suarannya???

Eh salah keknya yaa …

Maksudnya, mahasiswa akhir mana suaranya?

Saya, saya, saya, saya! (tunjuk diri sendiri)

Baru sadar,  di blog membiasakan pakai kata “saya” , kalau di podcast “aku” hihi …

Yah semalam, baru saja saya unggah podcast mengenai topik yang sama. Alasan saya tulis juga, ya biar blognya keisi ajah (enggak deng) hihi, supaya  ada dua versi. Bagi yang suka mendengarkan ke podcast dan suka baca di sini saja.

Sebenarnya, saya udah cukup sering nulis seputar topik demikian. Atasi malas belajar (nyekripsi), tips agar skripsi selesai tepat waktu, balada mahasiswa akhir (kalau nggak salah inget). Nah, untung postingan kali ini sedikit saya update biar lebih ngena ke sanu bari kalian hihi.

Saya juga bertitel mahasiswa akhir sekarang. Nggak dipungkiri, rasa malas kerap menjangkit. Yah, malas itu benar-benar penyakit parahnya sampai kepada ke tahap kronis kek gini hiks. Malas merupakan prilaku ketika kamu enggan melakukan sesuatu. Dan saya yakin, malas sering menjangkit hampir ke semua orang. Bukan hanya anak sekolah, mahasiswa, mereka yang bekerja, ibu rumah tangga, dan semua elemen bisa terjangkit malas. Malas ini udah jadi kebiasaan buruk yang menjangkit sana-sini.

Ini kita fokuskan  alias disesuaikan dengan kehidupan mahasiswa ya …

Alasan seseorang enggan melakukan sesuatu juga disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, adanya aktivitas yang lebih menarik. Kita lebih memilih bermain media sosial atau berseluncur di dunia maya (intinya gagal fokus dengan  gawai). Alih-alih ingin menumbuhkan semangat dulu sebelum mengerjakan, kita malah akan semakin terbuai dengan gawai. Kedua, malas juga disebabkan karena kita  belum ada ide. Pikiran mentok alias buntu. Pun, kita ngggak tahu harus kek gimana dan berbuat apa alias bingung untuk bertindak. Ketiga, malas sering disebabkan oleh prinsip SKS alias Sistem Kebut Semalam.  Kita suka dan sering menunda-nunda sesuatu karena berpikiran bahwa akan selesai tepat waktunya. Bener nggak tuh? Iyaa banget (saya jawab duluan hihih).

Berikut tips cegah  malas buat kita yang bertitel mahasiswa akhir alias yang lagi perang dengan yang namanya TA/Skripsi/Tesis. Yuk simak!

Buat Target dan Ingat Target

Mau dimana nasib kita, kalau kita sendiri  nggak ada target. Secueknya kamu, kamu juga harus mikirin nasib skripsimu. Jadi, mau dibawa ke mana? Kamu harus bikin target proses dan hasil dari skripsimu nanti. Untuk proses, kamu harus buat target untuk jangka waktu penyelesaiannya Semisal ingin lulus 3,5 tahun, kamu harus bikin target dari jauh-jauh waktu (bisa dimulai dari semester 5 misalnya). Dari sisi hasil, kamu juga harus punya target ingin hasil skripsi yang wah alias sempurna, tapi kamu ngerasa itu terlalu sulit.  Atau disesuikan dengan kemampuan dan ketertarikan kamu. Kesemuanya tergantung dari kapasitas dirimu sendiri.

Jangan Mudah Tergoda

Saya jabarkan menjadi poin saja ya, apa-apa yang menyebabkan kita mudah terlena. Gawai, media sosial, lingkungan, dan lupa target. Saran saya, ketika kalian mulai nyicil mengerjakan skripsi, usahakan jauhkan gawai dari padanganmu. Sekalinya kamu tergoda buat lihat notifikasi, pasti bakal keturusan buat main media sosial. Selain menjauhkannya, kamu bisa matikan atau aktifkan mode pesawat supaya kamu lebih konsentrasi. Saran lainnya, buat tempat belajarmu senyaman mungkin. Biasanya kalau kamar atau meja belajar dalam keadaan rapi akan memberikan semangat dan lebih enjoy mengerjakan skripsi. Beda dengan keadaan yang berantakan, dipastikan kalian bakal tambah malas. Satu lagi, jangan tergoda dengan magnet kasur ya. Bahaya! Dan kalau udah malas, kita bakal lupa sama target yang udah kita susun heeemm.

Buat Deadline

Hampir serupa dengan target. Poin ini menjadi senjata penting untuk mencapai targetmu. Akan lebih baik kamu bikin deadline sendiri karena sekarang yang memanajemen waktu adalah dirimu sendiri. Karena nggak ada kuliah, kamu harus buat jadwal pribadi. Misalnya, sekiranya seminggu itu kamu harus selesaiin matrik penelitian  atau  bab 1 latar belakang. Kalau perlu tulis di papan atau note yang kamu punya dan tempelkan di dinding.

Sering ke Kampus

Udah pernah saya bahas juga pon ini yaitu untuk sering ke kampus. Buat apa sih? Supaya kamu dapat atmosfer belajar karena kalau di rumah atau kos hawanya beda. Kamu banyak mendapatkan fasilitas menyebabkan malas hinggap di kamu. Kamu jadi terbuai dengannya. Gunanya kamu ke kampus,  agar kamu mendapatkan atmosfer belajar, inget terus sama skripsimu. Kalau semisal udah dua minggu lebih gitu nggak ke kampus, bakalan susah buat bangun niat alias bakal males. Taambah makin jarang ke kampus. Di poin berikutnya alasan kamu harus kek kampus adalah untuk bimbingan dan bertemu dengan teman. Kita bahas di poin selanjutnya.

Rutin Bimbingan

Yang kerap terjadi, mahasiswa beranggapan bahwa ketika bimbingan harus bawa hasil baik sehingga dosen lebih nerima dengan senang hati. Nggak gitu! Kecuali ketika kamu udah beberapa kali mengerjakan dan harus revisi, jadi kamu harus bawa revisian kamu itu sebaik mungkin. Beda kasus, kalau kamu  stagnan sama topik atau permasalahan tertentu dengan skripsi, ya bertanyalah dengan dosen. Beliau memang berkewajiban untuk membimbingmu, menjadi fasilitatormu. Nggak perlu kamu harus tahu segalanya dan bawa hasil yang bagus, ketika kamu mengalami kesulitan memang harus bertanya agar jelas arah skripsimu.

Diskusi dengan Teman

Dua alasan selanjutnya, kamu harus rajin kek kampus adalah untuk bertemu dengan teman dan melakukan diskusi. Gunanya apa? akan menambah  wawasanmu, saling membantu sama lain, dan saling memberikan semangat. Kamu bisa diskusi tentang skrispimu, minta pendapat mereka. Tak jarang ketika udah ketemu temen, biasanya dapat ilham dari sana.

Ciptakan Motivasi

Dua motivasi itu bisa kalian dapat  dengan mendatangi sidang skripsi teman dan wisuda kakak tingkat, misalnya. Dengan itu pasti terketuk semangat di hati kecilmu untuk segera menyusul mereka.  Biasanya kalau ada temen yang udah sidang, bakal ada pecutan untuk ikutan alias nggak mau kalah. Motovasi yang sangat positif bukan?

Tempat yang Asyik dan Nyaman

Poin ini sekarang menjadi kesenangan bagi saya juga. Ketika suntuk dengan kamar kos, bisa banget keluar. Kamu bisa cari tempat yang nyaman seperti kafe atau kedai kopi untuk mengerjakan skripsi. Intinya cari suasana baru agar pikiran kalian juga makin segar. Itung-itung  juga sekalian memanjakan diri.

Konsisten

Dari semuanya, mau kamu punya tips jitu apapun bahkan tips yang saya berikan ini, jika kamu tidak konsisten semua akan sia-sia. Malas akan kembali menjangkit dan skripsimu ujung-ujungnya akan terbengkalai. Memulai bangkit pun susah karena butuh motivasi baru. Lakukan secara ajeg, tapi pasti. Tidak perlu terburu-buru karena proses setiap orang itu berbeda. Jangan lupa doanya juga, minta doa restu kedua orang tua.

Semoga bermanfaat ya . . .

Semangat buat kita J

Tinggalkan Balasan