Melatih Konsistensi dalam Mencapai Target

Saya sendiri juga belum bisa disebut berhasil untuk konsisten dalam mencapai target. Dalam hal apapun, saya masih kerap lengah atau sangat sulit konsisten. Tapi, tidak ada salahnya saya berbagi dan kita bisa berproses bersama.

Saya juga punya mimpi. Saya punya target akan hal apapun yang ingin saya capai dalam hidup. Pasti hampir semua manusia punya mimpi dan ingin mewujudkannya.  Tapi, semua impian/target itu tidak dengan mudahnya kita dapatkan. Usaha adalah sebuah perjuangan untuk mencapai semua itu. Benar, memang benar semua tidak ada yang instan. Semua butuh yang namanya usaha, apa yang kita impikan memang harus diusahakan. Tidak didapatkan layaknya pemberian hadiah untuk kita.

Apa yang diusahakan harus diterapkan secara konsisten. Itulah bentuk kegigihan kita dalam mencapai target/mimpi. Menurut saya, usaha itu tidak perlu dikerahkan dengan paksaan atau penuh ambisius. Pelan, namun pasti atau konsisten. Kerjakan dan lakukan secara konsisten atau ajeg agar apa yang menjadi target tercapai.

Konsisten itu perlu agar kamu tahu apa yang kamu tuju dan bagaimana cara mencapainya. Tidak perlu mengusahakan sesuatu di luar batas kemampuanmu. Coba lakukan dan jalani secara konsisten, akan lebih mudah.

Memang untuk bisa konsisten itu bukan suatu hal yang mudah. Tapi, bukan berarti tak bisa.

Melakukan hal dengan rutin  menjadi tantangan tersendiri. Ketika seseorang punya mimpi/target pasti ia akan mengusahakan cara untuk mewujudkannya. Namun, tanpa adanya konsisten atau sebuah usaha keras akan berakhir sia-sia semata. Yuk simak tips melatih konsistensi dalam mencapai target berikut ini :

Tentukan Tujuan Spesifik dan Realistis

Bagaimana kamu  bisa konsisten, jika kamu saja tidak tahu apa yang kamu mau (targetkan)? Hal pertama, jelas cari tahu apa yang menjadi targetmu. Ingat! Setiap orang punya target atau mimpi berbeda. Fokus saja pada mimpimu, jangan ikuti orang lain. Kebanyakan orang hanya mengikuti atau mengekor tanpa tahu apa yang sebenarnya ia impikan. Misalnya, kamu ingin lulus tepat waktu. Itulah targetmu!

Kedua, rasanya belum cukup kamu tahu apa targetmu, kamu perlu menentukannya secara lebih spesifik. Jika kamu ingin lulus tepat waktu, kamu harus punya target untuk seminar proposal, penelitian hingga sampai ke sidang akhir (menentukan waktu).

Ketiga, setelah kamu tahu targetmu, selajutnya tentukan langkah agar targetmu tercapai. Jika kamu ingin lulus kuliah tepat waktu, langkah yang bisa kamu lakukan seperti rajin bimbingan, rajin ke kampus, banyak diskusi dengan teman dan lainnya. Kamu bisa simak skema berikut.

Edit by Canva

Terus apa yang disebut realistis? Capai targetmu sesuai dengan kemampuanmu, tanpa memaksakan diri. Kenali sejauh mana kemampuan dan kapasitasmu. Memang boleh kalian bermimpi, mimpi yang tiada batas. Namun, juga perlu kamu tanamkan dalam diri bahwa kamu mampu dan bisa melewati segala tantangan di depan demi terwujudnya mimpi/target.

Susun Jadwal Harian

Sebelum menyusun jadwal harian untuk menjadi konsisten, awal kali kamu butuh juga untuk menyusun target untuk jangka panjang. Jikalau kalian tipe orang yang terbiasa membuat goals (seperti menekuni bullet journal) akan menjadi lebih mudah. Kamu bisa buat goals untuk satu bulan. Lalu untuk mencapainya susunlah jadwa per-hari untuk melatih konsisten demi tercapainya target.

Buat agenda per-hari itu dan tentukan batas waktu pengerjaan. Semisal, untuk mencapai target lulus kuliah tepat waktu, bikin list satu hari itu, Selain itu, tentukan batasan waktu untuk mencapainya. Semisal satu minggu itu kamu harus sudah menyelesaikan latar belakang untuk skripsimu. Kamu mulai mencicil setiap harinya dengan cara memasang target per-hari. Kamu bisa menuliskan jadwal harian di ponsel, sticky note, atau buku agenda.

Baca Juga : Cegah Malas Mengerjakan Skripsi

Edit by Canva

Pasang Pengingat

Tidak bisa dipungkiri, kita juga bisa lupa akan target yang telah kita buat. Supaya kita tetap ingat dan fokus dengan target, salah satu cara ampuh adalah pasang pengingat. Ada beberapa cara di antaranya, bikin tulisan dan tempel di tempat-tempat yang mudah terlihat. Semisal cermin, meja belajar, atau bisa taruh di dompet. Jika perlu, tulis besar-besar di sebuah papan. Selain itu, kalian bisa pasang pengingat di ponsel kalian. Sekarang banyak fitur pengingat di ponsel pintar, seperti note digital.

Fokus

Saya rasa seseorang memang tidak mudah untuk mengerjakan sesuatu dalam satu waktu. Inginnya semua tercapai, tapi kadang kala kita tidak bisa menyelesaikannya dengan baik. Pasti ada satu atau beberapa poin yang dikorbankan. Caranya, kamu coba fokuskan pada hal yang benar-benar menjadi prioritasmu untuk kamu capai. Jika satu sudah selesai, baru beralih ke target berikutnya.

Berikan Hadiah pada Diri Sendiri  

Memberi hadiah atas pencapaian target itu perlu. Hadiah karena kamu telah berjuang demi terwujudnya target. Pasti ada rasa kepuasaan tersendiri walau hanya hal sederhana. Semisal target harianmu terlaksana semua. Jadi, jangan ragu memberikan hadiah pada diri sendiri. Semisal dengan membeli makanan yang kamu suka atau berkunjung ke kedai kopi untuk nongkrong dengan teman. Tapi, ingat kamu masih punya target selajutnya. Hadiah tidak perlu barang, apa-apa yang kamu sukai/minati/gemari bisa jadi hadiah yang pantas kamu dapatkan. Selain itu, pemberian hadiah adalah sebagia pemantik semangat untuk berkarya lagi.

Semoga bermanfaat . . .

Kalian ada tips lain untuk melatih konsisten dalam mencapai target? boleh menambahkan di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan