Betah-Betahin Dulu Yuk untuk Tetap di Rumah : Tips Betah di Rumah Selama Pandemi

Iya tahu-tahu udah pada jenuh di rumah!

Mati gaya udahan!

Kapan semua berakhir?

Pengen nongkrong sama temen-temen tahu!

Pengen main!

Betah-betahin dulu ya di rumah, plis jangan bandel! Butuh kerja sama dan kompak untuk melalui masa sulit ini. Kuncinya disiplin dan tetap di rumah ya.

Nah kalian yang butuh tips buat nggak mati gaya dan merasa sedikit betah di rumah, saya rasa ini tulisan yang tepat. Iya, sudah hampir 2 bulan ya ruang gerak kita terbatas. Saya sendiri sejauh ini masih enjoy sih, mungkin emang dasarnya anak rumahan. Tapi, tak jarang juga butuh suasana baru yaitu dengan keluar. Ya mau gimana lagi, salah satu ikhtiar kita bukankah tetap lebih baik di rumah saja?

Apalagi sekarang sedang diberlakukannya PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Ya, kita tetap harus berada di rumah. Dibetah-betahin dulu. Semoga pandemi ini segera berlalu, aamiin.

Saya udah pernah singgung beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan di rumah selama karantina ini di podcast. Kalian bisa mendengarkannya juga di sini. Di tulisan kali ini saya ingin membagikan beberapa tips agar kamu sedikit menikmati waktu di rumah. Nggak jauh beda sih dengan apa yang saya bahas di podcast. Namun, poin pentingnya di sini agar kalian lebih siap dan tetap semangat menjalani hari.

Buat Rencana Kegiatan

Walau hanya beraktivitas di rumah saja, saya rasa harus tetap terjadwal agar hari yang dilewati nggak cuma rebahan. Lama-lama rebahan, bersantai, sepanjang hari hanya bermain gawai justru bikin cepat bosan. Coba deh rencanakan harimu. Setidaknya ada target satu hari itu. Saya sering membuat jadwal ketika pagi hari. Saya rasa ini cara yang ampuh agar saya siap menjalani hari.

Lakukan Rutinitas Pagi dengan Baik

Saya rasa awal yang baik memulai hari adalah memulai pagi hari dengan baik. Sebisa mungkin melawati pagi hari dengan baik dengan penuh rasa syukur. Kamu bisa melalukan kegiatan rutin ini agar lebih siap dan tenang menjalani hari. Selepas bangun tidur segera tata kembali kasur, minum air putih, mandi pagi, skicare pagi, dan jangan lupa beberes agar kebersihan tetap terjaga. Setelah itu bersiaplah menjalani hari. Walau kegiatan cuma nonton misalnya, setidaknya kamu tampil segar. Jangan lupa juga kenakan pakaian yang nyaman.

Menata Ruang

Saya orangnya cepat bosan, maka dari itu juga sering beberes. Kerap saya menata ulang tempat yang bikin saya nyaman di rumah. Semisal kamar, yang lebih sering sih obrak-abrik meja belajar, rak buku, dan lemari. Saya rasa tidak hanya sekedar menata, beberes atau menata ruang memberikan efek baik. Apalagi ngerasa ruagan jadi makin luas, makin nyaman dengan tatanan baru. Buat harimu senyaman mungkin ya di rumah.

Mencoba dan Melakukan Hal Baru

Ini adalah waktu yang tepat untuk mengeksekusi hal-hal yang ingin kamu lakukan di hari biasa, tapi nggak pernah kesampaian. Mumpung punya banyak waktu luang, inilah saatnya kamu mencoba hal baru.

Menekuni Hobi

Pasti di hari biasa sebelum adanya pandemi, kita sering disibukkan dengan berbagai aktivitas. Bahkan untuk sekedar me time atau menekuni hobi sangatlah sulit. Jadi, lagi-lagi, inilah saatnya kamu menekuni hobimu kembali. Seperti saya, yang akhir-akhir ini tambah sering baca dan beli buku.

Rindu saya tertumpahkan dengan kembali membaca buku fisik, terlebih buku yang benar-benar saya idamkan. Biasanya saya suka baca buku di pagi hari setelah melakukan rutinitas pagi. Baca buku di teras ditemani secangkir teh hangat. Kalau selama puasa ini saya suka baca buku di sore hari sembari ngabuburit.

Beberapa hal yang bisa aku rasakan saat menjalani karantinan dengan kegiatan beli dan baca buku ini.

  1. Hanya membeli buku yang diincar saja
  2. Ada perasaan bahagia tak terkira saat paketan buku datang, buka bungkusnya, nyium bau buku baru, dan perasaan lega saat pertama kali buku dibuka
  3. Rasa antusias tiap kali mau baca buku baru
  4. Nyiapin peralatan perang saat mau baca buku seperti tinta buat menandai bagian penting. Kadang juga nyiapin note buat sekalian ditulis.
  5. Nyiapin juga sajen saat bacabuku, biasanya kalau nggak bikin teh anget ya es kopi susu
  6. Waktu baca versi aku, pagi hari setelah beberes dan sore hari menjelang senja menghilang

Tetap semangat menjalani hari. Betah-betahin dulu ya! Kalau kalian punya kegiatan seru selama di rumah, boleh berbagi di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *