Jadi Lebih Intens Bersama Keluarga Saat Pandemi

Kalau buat saya sendiri, sebenarnya waktu di rumah saya tuh banyak. Namun, untuk saling ngerti, melakukan kegiatan bersama keluarga itu sangat jarang. Saya anak sulung dan anak satu-satunya yang tak merantau alias kalau kuliah pun sering balik setiap minggunya. Tapi, saya juga si anak sulung yang lebih sering menghabiskan waktu di kamar. Jadi, kadang kalau lagi ingat dan ngerasa bersalah saya menyempatkan banyak waktu menghabiskan waktu bersama keluarga.

Apalagi di saat ini, masa-masa sulit untuk seluruh masyrakat di dunia akibat pandemi ini. Lebih ngerasa sedih lagi karena bertepatan juga dengan bulan ramadan. Saya hanya bertiga di rumah, saya, ibuk, dan nenek. Jadi, inilah saatnya kita saling menguatkan satu sama lain.

Kalau jiwa induvidual saya muncul alias malas keluar kamar, saya selalu memaksa diri untuk keluar dan melakukan aktivitas saya di luar kamar. Seperti baca buku atau hanya sekedar main gawai di teras. Harus menyadari bahwa waktu bersama keluarga itu lebih penting dan tak tergantikan.

Nah, otomatis saat pandemi seperti ini itensitas saya di rumah makin tinggi. Nggak ke Malang, juga udah jarang main, jarang ngopi juga. Ada beberapa kegiatan yang biasa lakukan bersama kelurga akhir-akhir ini.

Menemani dan Membantu Sepupu Mengerjakan Tugas

Dianjurkannya untuk tetap berada #dirumahaja selama pandemi ini. Mereka yang sekolah juga terpaksa belajar dari rumah. Nah, saya sering tuh menghabiskan waktu bersama sepupu untuk membantu mengerjakan tugas sekolah. Jarang-jarang saya banyak waktu untuk dia. Kadang kalau ada proyek (tugas dari sekolahnya) bikin video gitu, kita jadi makin banyak waktu bersama.

Belanja Bersama Ibuk

Kemarin hampir seharian sama ibuk terus. Yah, kami punya usaha toko rumahan (toko kebutuhan pokok). Biasanya untuk memenuhi stok , ibuk belanja sendirian. Tapi, akhir-akhir ini saya sering ikut dan diajakin belanja. Kemarin H-1 menjelang puasa, kami belanja kebutuhan untuk puasa sama-sama. Nganterin ibuk juga beli sandal. Jarang banget kita punya waktu berdua seperti ini.

Ngobrol Bersama

Kadang di teras rumah atau di rumah paman yang memang rumahnya berdekatan. Biasanya sembari ngawasin si supupu kecil main. Ngobrolin banyak hal sih. Tak jarang juga, kalau pada nggak bisa tidur cari angin di depan rumah terus ngumpul-ngumpul deh.

Menamani Sepupu Main Sepeda

Sepupu paling kecil tuh lagi seneng-senengnya main sepeda. Tak jarang dia minta buat ditemenin bersepeda agak jauh. Yah siapa juga yang tega, usia belum genap 3 tahun gitu. Jadi, ketika pagi sembari berjemur saya temenin dia keliling sekitar. Seru sih, apalagi dengan ekspresinya yang lucu. Gemash!

Masak Bersama

Ya nggak masak yang gimana-gimana amat sih, yang wah gitu sih nggak. Malah kadang kita masak mi bareng, dimakan bareng, setelahnya main UNO atau ngobrol ngalur ngidul lagi.

Main Bulu Tangkis

Sudah hampir 2 bulan lebih saya nggak keluar rumah. Yang awalnya malas olahraga, makin tambah malas. Padahal saya tuh baru mulai membiasakan diri untuk olahraga alias bergerak. Nah karena masih malas buat olahraga di luar, saya sama sepupu sering bermain bulu tangkis setiap sore di halaman rumah. Bahkan sudah menjadi rutinitas. Tak jarang kita juga sepedahan keliling kampung, yang nggak jauh-jauh amat untuk dijangkau.

Kegiatan apa yang kalian lakukan bersama keluarga di masa-masa pandemi seperti sekarang? pastinya seru kan?

Semoga pandemi ini lekas berlalu dan tetap semangat menjalani hari. Selamat berpuasa semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *