Punya Banyak Waktu untuk Belajar Hal Baru

Kalau hanya goleran atau rebahan terus malah biki capek. Kadang mood ikutan malah jadi buruk. Mau ngapa-ngapain pun juga males. Masa udah hampir dua bulan gini tetep rebahan?

Yah kalau seminggu awal-awal kemarin nggak apalah ya. Itung-itung balas dendam dengan aktivitas yang begitu padat sebelumnya.

Kalian menyadari nggak sih, ini waktu yang sangat tepat buat kalian ngasah kemampuan diri? Atau nyoba hal baru yang udah lama kalian incar atau pengenin, cuma emang nggak ada waktu ajah kemarin-kemarin.

Saya selalu menyesal tiap kali hari cuma kelewat begitu aja, tanpa melakukan hal atau kegiatan. Saya sudah cukup pusing dan pemikir, apalagi tesis saya berjalan di tempat. Tapi, kalau saya cuma terpuruk dengan itu (dengan satu hal), rasa-rasanya sangat berdosa sama diri dan waktu. Jadi, saya juga mengalihkan hal lain untuk belajar hal baru.

Mencoba hal baru yang memang saya minati sih. Jadi, selama pandemi ini saya belajar apa aja? yuk simak!

Jurnal

Jurnal di sini seperti buku diari tapi lebih nano-nano sih isinya. Ciri khasnya sih lebih ke banyak hiasan saat kita menulis di jurnal. Dan memang isinya lebih random. Bukan hanya apa saja yang saya lalui hari itu lalu diabadikan dengan tulisan. Apa yang saya rasa, apa yang saya pikirkan, ide apa yang tiba-tiba melintas, hal apa yang saya dapatkan, apa yang ingin saya kerjakan, apa imipian saya, dan masih banyak lainnya.

Tahun lalu saya menekuni bullet journal, tapi ternyata saya nggak konsisten buat ngisinya. Nggak cocok sama saya. Nah, ternyata saya lebih cocok ngejurnal aja. Yah memang seperti menulis di diari. Kapan-kapan saya ulas lebih dalam ya, saya juga masih anak baru nih.

Bikin dan Edit Video

Saya bahkan punya keinginan buat bikin youtube channel. Beberapa waktu lalu pernah unggah video, tapi saya hapus karena nggak pede. Nah karena sering mantengin youtube saya pun kepikiran buat nyoba hal baru ini, bikin youtube. Calon konten sih udah ada di kepala, alias pen bikin video apa udah ada. Tapi, memulainya itu lo hihi.

Sejauh ini saya belajar tentang youtube alias dunia peryoutube-an. Masih sekedar belajar, memulainya nih. Bismillah ya. Nah dari situ juga makin semangat buat belajar edit video. Dari mulai sederhana aja dulu, misal edit vidoe tugas dari sepupu. Atau kemarin iseng tuh bikin video sama sepupu, tapi sampai saat ini belum selesai karena editnya lumaya lama dan karena saya juga lagi belajar seluk-beluk aplikasi edit yang saya punya.

Podcast dan Edit Audio

Saya mulai ngepodcast di tahun kemarin. Awalnya kepengen ngoceh gitu yang nggak pakai waktu lama. Karena pada dasarnya saya emang suka ngoceh sendirian atau suka mikir hal-hal tertentu. Yah udah, apa salahnya ngocehnya direkam terus diunggah deh, dijadikan podcast. Nah, kemarin saya juga belajar seluk-beluk podcast. Saya punya rencana nulis soal ini karena banyak temen-temen yang tanya soal podcast ini, gimana cara bikinnya.

Dari situ juga, otomatis saya tertarik buat belajar edit audio biar si podcast saya tambah yahuiii. Gampang-gampang susah sih, tapi sejauh ini senang ngelakuinnya.

Sepertinya itu dulu aja ya. Kalau ditanya mau belajar apa lagi ? banyak! hehe . . .

Tetap produktif di rumah ya.

2 thoughts on “Punya Banyak Waktu untuk Belajar Hal Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *