Channel/Akun Favorit Untuk Belajar di Era Digital

Akhir-akhir ini saya memang tertarik dengan dunia konten alias perkontenan. Masih awam sih, masih belajar. Rasanya era digital saat ini kalau kitanya juga nggak ngimbangin dengan kreativitas, ketertarikan, bahkan pastisipasi di era saat ini, rasa-rasanya sangat rugi. Untuk blog ini pun saya juga masih belajar untuk ngembanginnya, walau saat ini masih dengan cara rutin unggah tulisan. 

Selama #dirumahsaja, rasa-rasanya juga sangat rugi kalau kita kerjaannya cuma rebahan. Setidaknya cari kegaiatan variatif buat ngisi hari supaya nggak monoton dan jadi bosan. Saya pun juga memanfaatkan waktu ini , walau sebelumnya saya juga punya banyak waktu di rumah. Tapi, tak ada salahnya saya sedikit fokus untuk pengembangan diri saat ini dengan mempelajari hal-hal yang betul saya inginkan dan menarik hati.

Pada dasarnya belajar bisa di mana saja, nggak terikat oleh sekolah juga. Banyak informasi, banyak ilmu yang bisa kita cari dengan sangat mudah. Berikut beberapa channel/akun untuk belajar dan untuk menambah ilmu.

Belajar tentang Jurnal

Seperti yang saya utarakan di postingan sebelumnya bahwa saya sedang menekuni jurnal. Sebenarnya kebiasaan menulis tangan di sebuah buku atau diari sudah saya lakoni sejak lama. Dan semakin ke sini, saya ingin belajar lebih dalam supaya jurnal atau nulis diari berkembang dan variatif. Tahun kemarin saya belajar dan mencoba bullet journal, tapi ternyata format tersebut kurang cocok buat saya. Nah, berikut saya rangkum dua akun yang saya tonton atau lihat untuk belajar jurnal.

Kiara Leswara

Channel Kiara Leswara merupakan akun beauty alias beauty vloger. Tapi, ternyata dia juga tertarik dengan jurnal. Nah, di postingan beberapa minggu yang lalu dia berbicara tentang jurnal dan saya tonton plus saya pelajari sampai habis. Yang saya pelajari darinya, dia lebih enjoy untuk membagi jurnalnnya ke beberapa buku/note/jurnal. Untuk pekerjaan sendiri, untuk kuliah sendiri, untuk kebutuhan lain pun sendiri. Dan ternyata saya juga lebih cocok membangi jurnal saya menjadi beberapa. Lagi saya praktikan dan sejauh ini masih cocok untuk saya.

Living Loving

Kalau yang tahu akan akun/channel ini berkaitan dengan tata rumah dan suputar kreativitas. Kemarin di akun instagram miliknya sempat juga membahas tentang jurnal. Inti yang saya dapatkan bahwa keuntungan menulis jurnal yaitu, self discovery tools sebagai wadah untuk mengenal diri sendiri, sparks creativity sebagai wadah untuk menuangkan ide agar tidak hanya mendekam di kepala bahkan berlalu saja, dan problem solving  yang tentu saja sebagai wadah curhat.

Belajar tentang Youtube

Seperti yang juga saya singgung sebelumnya bahwa saya sedang tertarik dengan dunia youtube juga. Mulai dari youtube itu sendiri, cara pengambilan video, sampai dengan edit sebuah video. Nah, ini dia akun yang cukup memberikan informasi akan itu, sudah cukup untuk saya belajar tentang youtube. Channel milik Khariunnisa Adlina ini sudah sangat cukup memberikan informasi dan pembelajaran seputar youtube terutama mereka sebagai pemula yang tertarik dengan dunia ini.

Belajar tentang Podcast

Semoga apa yang saya bagikan lewat podcast juga bisa memberikan manfaat bagi yang mendengarkan ya. Walau masih sangat muda usia podcast saya, saya benar punya keinginan untuk mengembangkan podcast saya. Terlebih melatih saya untuk berbicara juga sih. Nah kemarin belajar mengenai seluk beluk podcast di salah satu video milik Iqbal Hariadi. Sebenarnya kemarin saat ingin belajar mengenai podcast, saya menemukan banyak sekali channel yang membahas seputar podcast. Namun saya rasa milik Iqbal Hariadi sudah cukup lengkap memberikan informasi seputar podcast terutama bagi kalian sebagai pemula.

Belajar tentang Blog

Podcats Blogger, saya baru nemu akun podcast ini baru saja kemarin. Yah, baru saja kemarin saat teman bloger posting setelah mendengarkan podcastnya. Saya pun tertarik. Walau baru saja saya tahu tentang akunnya, saya sangat tertarik apalagi dunia blog juga dunia yang saya tekuni. Belajar bisa saya dengarkan sembari saya beberes. Apa yang saya butuhkan informasi tentang blog, podcast milik N Firmansyah ini sudah sangat cukup. Walau saya belum dengerin semua epidosenya ya, masih proses.

Belajar tentang Pengambilan Video

Saya sedang tertarik dengan video yang  nggak ada suara si punya channel alias silent vlog atau plain vlog. Vlog seperti ini justru bikin nyaman, menentramkan gitu. Cukup menikmati video dan audio asli dengan sangat tenang. Saya sedang suka melihat video milik Hyonyeo (youtuber Korea) dan Fiani Adila (youtuber Indonesia). Saya suka dan tertarik dengan konsep pengambilan video dari dua youtuber tersebut. Saya pelajari pelan-pelan, semoga bisa juga eksekusi.

 Belajar tentang Personal Branding dan Kopi

Nggak ada salahnya kan ya kalau cewe suka kopi. Sejak tahu dia, Sophia Mega , saya makin rajin buat kepo akunnya. Mulai dari IG, youtube, blog, dan twitternya. Bahkan saya beli juga bukunya yang membahas tentang personal branding.

Belum selesai sih, masih bertahap karena saya bener-bener mau nyerap ilmunya.  Saya kerap mengulas secara singkat buku yang saya baca di IG, kalau udah selesai pasti saya ulas.

Bagikan punya kalian juga ya, sering belajar lewat akun/channel favorit kalian di kolom komentar ya.

2 thoughts on “Channel/Akun Favorit Untuk Belajar di Era Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *