Bikin Podcast, Ide Kegiatan Yang Bisa Kalian Lakukan Selama Puasa

Bagaimana kabar puasa kalian sampai hari ini?

Udah ada yang bolong belum?

Tetap semangat berpausa ya kawan walau di tengah pandemi seperti ini.

Selama puasa ini kegiatan atau hal apa yang kalian lakukan?

Kalau ibadah pasti ya, jangan sampai disia-siakan untuk banyak menimbun pahala di bulan suci ini.  

Saya sebisa mungkin untuk nggak menyia-nyiakan waktu sih selama puasa dan selama #dirumahaja. Sebisa mungkin saya jadwalkan kegiatan rutin supaya hari terlewati dengan baik, lebih produktif. Produktif bukan menjadi sibuk ya? Setidaknya ada hal baik dan berguna untuk kita, terlebih bisa untuk orang lai, tambah makin seneng.

Oke kembali lagi, sebisa mungkin melakukan kegiatan supaya hari itu nggak terlewati dengan rebahan. Walau jam tidur saya sekarang-sekarang ini amburadul.

Walau semua kegiatan ini nggak jauh beda dari kegaitan saya selama di rumah.  Kegiatan ini adalah kegiatan baru yang coba saya tekuni. Siapa tahu dari kalian juga bisa ikutan dengan apa yang saya lakukan.

Saya Memilih untuk Bikin (Rajin Bikin) Podcasts

Saya mulai ngepodcast pertengahan tahun 2019 lalu. Alasannya simpel, ingin membagikan uneg-uneg di kepala yang kalau nggak segera dikeluarkan akan jadi beban atau malah buyar dan bisa sewaktu-waktu muncul. Eh gimana gimana maksudnya? Wkwkwkw.

Kadang kalau ditunggu buat ditulis dulu keburu hilang. Kenapa memilih podcast? Saya kira platform satu ini fleksibel. Isinya hampir sama seperti blog, misalkan bisa curhat juga tapi dalam bentuk audio. Kalau ngomong depan kamera saya masih nggak percaya diri, jadi alhasil podcast adalah pilihan tepat.

Nah, saya pun nggak ketinggalan buat promosi di media sosial. Dari situ beberapa teman alhasil juga bertanya pada saya bagaimana caranya buat ngepodcast atau bikin podcast? Karena lumayan banyak yang bertanya soal ini, saya memang punya niatan buat bikin tulisan tentang bikin podcast buat pemula (ini terkesan kalau podcast milik saya udah oke ya wkwkwk). Di tulisan ini saya menjabarkan sederhana saja bagaimana awal bikin podcast.

Jadi, kalian hanya membutuhkan alat perekam, aplikasi anchor, dan aplikasi edit audio.

Alat perekam kalian nggak perlu harus punya alat canggih, menggunakan ponsel kalian saja sudah sangat cukup.

Nah, apalikasi anchor itu apa? Sesederhananya aplikasi ini adalah perantara agar podcastmu mendapat pendengar, contohnya bisa disitribusikan di spotify. Dan siap deh podcast kamu bisa didengar.

Yang ketiga ini tergantung kebutuhan, boleh kalian setelah merekam lansung  unggah dan di anchor pun juga bisa edit rekaman kalian. Tapi, kalau ingin lebih oke misalkan menggilangkan noise ya butuh diedit. Kalau saya sering edit audio lewat laptop dengan aplikasi audacity.

Terakhir ini jangan ketinggalan juga ya! jangan lupa promosikan podcast lewat media sosial yang kalian punya.

Gimana? Tertarik untuk nyobain bikin podcast juga? Kalau iya, apa sih alasan kalian ingin mencobanya? Bagi di kolom komentar ya . . .

6 thoughts on “Bikin Podcast, Ide Kegiatan Yang Bisa Kalian Lakukan Selama Puasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *