Kumpul Kelurga Lengkap Adalah Hal Yang Dirindukan Saat Lebaran

Edit by Canva

Lebaran sebagai sarana juga untuk berkumpul dengan keluarga. Puncak ramadan ini (lebaran) menjadi hari yang selalu dinanti-nanti oleh semua umat islam. Kembali fitri menjadi ajang besar untuk saling berbagi maaf dan menjalin silaturohmi. Saat itu semua keluarga berkumpul. Yang marantau pulang kampung, berkumpul dengan keluarga, bersilaturohmi dengan sanak saudara, dan juga silaturohim dengan teman.

Yang jauh pulang, yang berjarak menjadi dekat.

Jujur, bukan karena pandemi juga yang menyebabkan kami jarang kumpul lengkap saat lebaran. Walau tahun ini menjadi tahun yang sulit bagi kami, yang merantau tidak ada yang pulang kampung. Yah, hal yang paling saya rindukan adalah bisa lebaran versi lengkap dengan keluarga.

Saya adalah anak sulung yang memang lebih sering di rumah. Walau saya berkuliah di Malang, tapi saya sangat sering pulang ke Blitar. Saya menjadi satu-satunya anak yang masih dekat dengan orang tua, terutama ibuk dan nenek saya.

Memang selama lebaran kami jarang bisa kumpul lengkap. Ayah dan kedua adik saya merantau di luar Jawa. Jarang sekali kami bisa merayakan lebaran bersama-sama. Kalau ayah pulang, adek nggak pulang, begitu. Kami memaklumi memang itu adalah tanggung jawab atas pekerjaan. Saya pun demikian harus legowo. Sebagai anak sulung, saya harus dapat menjadi benteng dan menjadi anak yang bisa diandalkan. Walau lebaran tahun ini hanya ada saya, ibuk, dan nenek, tapi kita harus saling memberi pengertian satu sama lain.

Begitulah …

Mungkin terlihat lebay, tapi siapa sih yang tidak merindukan lebaran bisa kumpul lengkap dengan keluarga?

Kalau kalian bagaimana? Apa yang kalian rindukan saat lebaran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *