Tips Hemat Anak Kos Saat Pandemi

Edit by Canva

Pandemi ini juga dirasa berat oleh anak kos ya. Apalagi Mereka yang sedang berkuliah, nggak bekerja, dan hanya mengandalkan kiriman dari orang tua sedangkan masa sulit seperti ini pasti ada sebagian pekerjaan seseorang terasa sangat berat (orang tua mereka). Memilih untuk pulang atau mudik pun bukan solusi baik, tapi juga berdiam di kos tanpa pemasukan sedangkan hidup harus berlangsung, juga nggak mudah.

Menunggu kiriman dari orang tua di kampung yang mungkin juga sedang nggak stabil perekonomian adalah suatu keadaan yang menyesakkan. Walau di kos aja karena maemang tidak boleh bepergian, bukankah harus tetap melanjutkan hidup? Untuk makan, untuk kebutuhan pokok, beli paketan atau bayar wifi, bahkan untuk bayar bulanan kos. Satu-satunya cara ya berhemat, sebisa mungkin membatasi apapun yang kiranya bisa dibatasi atau bahkan dipending dulu. Misalnya yang seringnya harus ada cemilan saat nugas, harus rela nggak beli dulu, tahan dulu.

Alhamdulillah saya sedang berada di rumah sebelum karantina diberlakukan. Yang akhirnya membuat saya nggak balik perantauan sampai detik ini. Beda cerita ya kalau saya di kos, yang harus bertahan hidup di tengah masa sulit seperti ini. Berikut ada beberapa tips berhemat anak kos selama pandemi ala saya. Walau saya nggak di kos, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat ya.

Biasa Beli Ganti dengan Memasak

Yang biasa untuk makan harus beli, saatnya sekarang untuk belajar masak. Yah sebagai upaya penghematan. Kalian bisa beli kebutuhan memasak tiga hari sekali atau  seminggu sekali misalnya, karena kan emang nggak boleh keluar kalau tidak ada kepetingan. Nyetok buat di kos. Kalau selama ini jarang masak atau nggak bisa masak, inilah saatnya untuk belajar masak. Resep masakan bisa sangat mudah ditemukan lewat internet bukan?

Batesi Kebutuhan yang Tak Mendesak

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, jika terbiasa jajan atau harus nyemil usahakan buat dipending dulu. Tahan dulu buat nggak jajan karena masih ada kebutuhan yang mendesak seperti untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, dengan menghemat uang jajan bisa sangat membantu kalian untuk bertahan di kos. Atau bisa banget bikin resep-resep cemilan mudah di kos. Atau kalian yang suka kopi kan bisa banget bikin kopi ala anak kos, seperti dalgona coffee misalnya.

Coba Cari Pekerjaan Freelance

Misalkan kalian punya hobi nulis, coba deh kirim tulisan kalian ke beberapa media (sebenarnya ini sentilan buat saya juga sih). Setidaknya dengan usaha itu bisa meringankan beban kalian atau pun orang tua di rumah. Hobi yang lain misalnya bisa banget kalian coba. Selain dapat pemasukan, kalian juga nggak perlu ke luar rumah demi melaksanakan karantina.

Semoga pandemi ini segera berlalu ya. Aktivitas kembali seperti semula. Mereka para pahlawan kesehatan juga semoga selalu mendapat kesehatan. Mereka yang gugur semoga amal ibadah diterima oleh Tuhan. Sedih ya dapat berita lagi seorang perawat gugur dalam memerangi Virus Korona ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *