Kekuatan dan Pengaruh Musik dalam Keseharian Kita

Sebelum menulis postingan kali ini pun, saya sempat mendengarkan musik dulu. Bernostalgia sama lagu-lagunya Bunga Citra Lestari. Numbuhin mood nulis dulu, salah satunya ya dengan mendengarkan musik.

Edit by Canva

Ngomongin soal musik, musik nggak pernah lepas dari keseharian seorang Vera. Dipastikan setiap hari saya selalu mendengarkan musik, mendengarkan lagu yang saya sukai. Musik memang sangat lekat dengan kehidupan kita, keseharian kita. Ia tak pernah lepas dari setiap jengkal kehidupan kita. Hampa! hampa terasa jika tidak ada musik. Apakah kalian sependapat dengan saya?

Alunan musik, nada-nada yang indah dan memunculkan harmoni tak kalah indahnya berhasil merasuk ke sanubari. Begitu pula untuk saya, musik tetap mendapat tempat spesial di hati saya. Semua komponen yang berasal dari musik memang tidak bisa dipungkiri memberikan warna bagi setiap sisi kehidupan manusia.

Kalian suka juga nggak mendengarkan musik ? sebenarnya ada kekuatan baik apa sih dari musik? ini dia beberapa kekuatan baik dari musik yang berhasil saya kumpulkan, rangkum, dan bisa kalian baca berikut.

Mengungkapkan Emosi

Saya langsung tertuju pada momen-momen sedih alias galau. Entah kenapa musik yang saya dengarkan pun tak jauh-jauh dari alunan mendayu, pelan, dan sedih. Liriknya pun tak jarang sesuai dengan apa yang saya rasakan. Secara nggak langsung, musik mmepresentasikan emosi si pendengar. Begitu pula jika kita sedang diliputi kebahagiaan, musik itu juga yang mempresentasikan emosi kita. Ya gembira!

Membuat Tenang (Rileks)

Kalau susah tidur, badan kerasa capek-capek, lelah melanda atau lagi nggak enak hati, saya juga tak jarang mendengarkan musik. Memberikan ketenangan dan ngerasa adem ketika musik mengalun. Menikmatinya lebih intim sembari mengalirkan energi positif pelan-pelan dalam diri. Kadang kita tuh susah tidur karena memang badan kita yang capek, capek hati, pikiran, dan beban ngerasa menumpuk.

Begitu pun kita terlalu sibuk dengan gawai, sampai lupa diri untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk istirahat. Musik menjadi pilihan untuk menetralkan itu semua. Pengantar tidur bisa banget. Pun, membuat kita lebih tenang.

Menumbuhkan Semangat

Seperti yang saya utarakan sebelumnya, demi menumbuhkan semangat si jari dan otak ini untuk mulai menulis, saya mendengarkan musik terlebih dahulu. Kalau kata saya, numbuhin mood baik dulu sebelum otak ini diajak buat mikir. Memang lebih sering kek gini, sebelum nulis, nugas, kerja, bakan beres-beres rumah musik nggak pernah lepas. Entah di awal aktivitas, mengiringi, ataupun sebagai penutup aktivitas atau bahkan hari untuk kembali semangat menyambut esok.

Yang pasti tiap kali mengerjakan pekerjaan, saya harus ada temen alias harus ada suara untuk menemani saya supaya semangat. Ya salah satunya mendengarkan musik.

Meningkatkan Konsentrasi

Mungkin sebagian orang mengerjakan tugas, belajar, atau bekerja bisa lebih semangat dengan mendengarkan musik. Meningkatkan konsentrasi mereka untuk menuntaskan pekerjaan. Mengiringi dengan baik dari setiap aktivitas mereka, membuat mereka menjadi lebih konsentasi. Mungkin lebih ke instrumen ya. Eeh tapi ada sih yang juga mendengarkan musik yang lebih agak keras atau temponya cepat karena memang selera masing-masing berbeda ya.

Tapi, kalau saya sih nggak terlalu bisa jika mengerjakan sesuatu semisal melakukan pekerjaan membutuhkan yang membutuhkan aliran ide tuh dengan harus mendengarkan musik. Lebih banyak saya ikutan nyanyi dan terbuai. Mending mendengarkan di awal kali setiap memulai pekerjaan atau di akhir pekerjaan sih. Kalau nggak gitu, pas ngedit naskah harus ada musik biar makin asyik ngerjainnya. Ini hanya soal kebiasaan, ceileh.

Menumbuhkan dan Meningkatkan Daya Ingat

Eeeitsss, siapa di sini yang ngerasa lebih gampang buat hafalin lagu daripada pelajaran atau suatu hal penting ? saya termasuk di dalamnya sih hihi. Tapi, baik juga lo dengan kita sering mendengarkan musik juga bisa melatih daya ingat kita. Dengan kamu udah berhasil ngehafalin lagu, berarti kamu memang sedang melatih daya ingatmu juga. Semakin kita sering mendengarkan musik, baik untuk menumbuhkan dan meningkatkan daya ingat.

Mengurangi Stres

Kerap kalau lagi penat larinya ke musik. Dengerin musik keras-keras sembari ikutan nyangi bahkan goyang haha. Kalian gitu juga nggak sih ? musik sebagai pelarian di kala penat melanda, supaya nggak stres say. Ya nggak ?

Memunculkan Kebahagian

Dari apa yang saya tahu (baca) musik dapat memproduksi hormon dopamin. Hormon dopamin berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, mood juga meningkat. Jadi, banyak-banyak dengerin musik yuk! musik dan lagu kesukaanmu! dunia ini terlalu kejam, jangan dihabiskan hanya untuk merenung dan galau eh eh.

Gimana? musik mengiringi tiap keseharian kalian nggak nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *