Mencoba Berbisnis Bermula dari Ulas Buku, Aplikasi Kasir Solusinya

Hai semua! Sudah mencoba hal baru apa saja selama pandemi? Buat kalian yang menghabiskan banyak waktu di rumah, ya belajar ataupun bekerja bagaimana kabarnya?

Kalau aku, sejauh ini masih aman sih. Tapi, kadang suka nyesek kantong pribadi ku sering amblas alias menipis. 

Jadi, kalau nggak ada aktivitas berarti di luar rumah ya memutuskan untuk di rumah saja. Melakukan hal yang aku suka, pun sebagai mahasiswa kewajiban tesisku juga butuh perhatian khusus. Kerjaan juga harus tetap berlanjut. Tapi, nggak mungkiri aku kerap bosan dengan kegiatan monoton. 

Ku mencoba hal-hal baru

Mencoba hal baru adalah cara untukku tetap oke dan baik-baik saja ketika di rumah. Dua minggu sudah aku sengaja instal tiktok. Ternyata tiktok tuh di luar dugaanku. Selain untuk hiburan, aku dapat segudang informasi dari sana. Aku juga dapat segudang inspirasi dari sana. 

Ngerasa nggak sih selama karantina dan pandemi ini banyak banget usaha kecil, usaha online berseliweran di linimasa? Nah, aku pun menemukan banyak inspirasi jualan salah satunya juga lewat tiktok

Yah, memulai usaha! Seperti aku curhatin sebelumnya sih, kalau kadang di kantong ini suka menipis. Aku emang paling susah buat ngatur keuangan pribadi, apalagi kerjaanku juga nggak teratur. Kepikiran buat usaha sempat terlintas. 

Untukku yang awam sama dunia usaha atau bisnis, hal ini juga jadi hal baru yang ingin saya coba. 

Berawal dari ulas buku 

Yah kalau kalian tahu, pandemi ini juga membuatku sedikit produktif. Yap baca buku! Waktu baca buku yang kupunya lebih banyak. Akhirnya aku juga bikin konten bahas buku lewat media sosialku. Kalian bisa baca awal kali aku ulas buku ini gimana, lebih jelasnya di sini. 

Dari seringnya aku posting soal buku tak jarang dari beberapa teman atau pengikut di instagram, bertanya soal buku. Dan pertanyaan yang paling banyak nih, aku biasa beli buku di mana. Memang ya ide tuh datangnya nggak terduga alias suka tiba-tiba. Dari situ aku kepikiran bikin bisnis kecil-kecilan yakni jual buku. 

Aku berkaca pada diri sendiri sih, emang aku ngerasa lebih enak beli barang kalau udah ada rekomendasi temen gitu. Nggak ada salahnya kan selain aku kasih referensi buku, juga bisa jualan buku juga. 

Tapi, masih bingung dan nggak pede untuk memulai 

Yap bener! Jujur, aku awam banget di dunia bisnis. Jauh dari cita-citaku malah. Nah, saat ini aku berniat demikian tapi masih suka bingung dan nggak percaya diri untuk memulai bisnis daring atau usaha online. 

Untuk masalah keuangan misalnya, duh aku udah males duluan ngebayangin alias ngerasa kesulitan di awal. Apalagi aku udah putus asa di awal soal pemasaran, gimana nih memulai usaha online? 

Nah dari keisengan yang kulakukan sendiri (ini semua berkat teknologi juga), si tangan ini nggak sengaja menemukan informasi menarik. Buat aku ataupun kamu yang kebingungan untuk memulai usaha, aku menemukan satu aplikasi ini. 

Sepertinya aplikasi kasir ini sebagai angin segar atas ketidakpercayaan diriku untuk memulai bisnis.  Apalagi di masa pandemi ini, sangat membantu. Aplikasi kasir ini memiliki berbagai fitur yang cocok buat pemula sepertiku untuk memulai bisnis. 

Misalnya, catatan penjualan dan pemantauan dan pengelolaan inventori. Ya, benar-benar angin segar nih untukku yang buta arah soal bisnis hihi. 

Karena ini nantinya adalah bisnis pertamaku, aku memang harus lebih memperhitungan pengelolaan bisnis dengan baik. Seperti halnya untuk catatan penjualan melalui gawai apalagi semua harus di rumah aja, bisnis online ini adalah jawabannya.

Layanan fitur mulai dari, pencatatan ataupun scan penjualan, cetak dan kirim struk,  produk dan diskon, fitur pembayaran serta penjualan dan pemesanan serba daring. 

Pemikiranku soal bisnis bakal menguras waktu dan tenagaku untuk mencatat penjualan, kini terbantahkan. Berkat teknologi semua sudah ada solusinya. Tinggal kita saja segera memulai. Jangan menunda karena hanya akan melewatkan kesempatan emas. Bukan begitu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *