Tips Aman dan Nyaman di Rumah Saja Agar Terhindar dari Virus Korona

Tak terasa hampir setahun pandemi melanda. Kita jadi terbiasa dengan keadaan demikian. Aku sendiri juga makin bisa lebih rileks dan biasa aja. Kita ambil nilai positifnya saja, bahwa ada hal baik yang sejatinya kita dapatkan. Iya! kita lebih terbiasa hidup sehat. Kita juga lebih disiplin dan jaga diri, sadar diri sama kesehatan. Iya nggak sih?

Waktu bersama keluarga juga makin intens karena kita sering menghabiskan waktu di rumah. Kita juga lebih peka dengan keadaan sekitar. Peduli juga dengan hal paling dekat dengan kita, namun hari biasa sebelum pandemi kita tak acuh akan itu.

Aku sendiri sebenarnya cukup menikmati waktu di rumah saja. Ya walaupun memang terkadang butuh suasana baru, hanya untuk sekedar mencari udara segar karena saking sumpeknya berlama-lama di rumah. Namun, itu bukan halangan yang berarti sih buatku. 

Sebenarnya apa sih yang membuatku betah sejauh ini ?

Karena pada dasarnya si aku adalah manusia rumahan, jadi untuk berdiam diri di rumah pun nggak jadi masalah. Aku juga udah pernah kasih tips sebelumnya di awal-awal pandemi, tips supaya betah di rumah. Kali ini aku kasih tips terbaru yang cukup manjur sih buatku untuk makin biasa aja dan udahlah ya, di rumah juga nggak jadi masalah. Malah kadang malas buat keluar hihi. 

Kelamaan yaaaa, yuk segera. 

Bikin Jadwal Harian

Aku sendiri ngerasain bahwa semenjak di rumah aja tuh godaan buat berleha-leha tuh nggak tanggung-tanggung. Padahal aku punya segudang tugas kuliah maupun kerjaan. Jam tidurku pun makin nggak bisa terkontrol alias kebalik. Kebiasaan malam begadang, paginya malah molor terus. Dan itu nggak baik, jangan ditiru!

Nah, aku nggak bisa terus-terusan berleha-leha. Makin bikin tubuh nggak sehat apalagi di musim pandemi seperti ini. Mana bisa tubuh baik-baik aja kalau pola hidupnya berantakan. Jadilah, solusinya adalah bikin jadwal harian atau bikin to do list. 

Baca Juga : Aplikasi Bermanfaat Saat di Rumah Aja

Contoh kecil dari jadwalku adalah membuat hari seperti sedang dalam kantor atau kesibukan menjadi mahasiswa. Membiasakan bangun pagi, selepas bangun segera beberes terutama kamar nih, kemudian juga langsung mandi. Pakai baju bagus dan rapi. Eh parfumnya jangan lupa! Ini mencegah diri buat nggak berlama-lama di kasur. 

Setelah itu bikin jadwal kerja atau nugas seperti aku sedang mengikuti jadwal kantor atau kampus. Ini juga supaya aku lebih produktif saja sih di rumah. Dijamin, nggak males dan nggak bakal monoton. Kamu juga bisa ubah jadwal menjadi jadwal me time mu di rumah. Nggak harus kerja mulu! Produktif bukan sibuk ya, ingat!

Bikin Kamar atau Ruanganmu Nyaman

Kalau aku,  markas adalah si kamar. Sebagian besar aktivitas yang kulakukan ya di dalam kamar. Jadi, kalau kamar kelihatan berantakan aja rasanya ingin berleha-leha. Bosen juga sama suasana kamar juga sering terjadi. Bawaannya jenuh dan pengen kabur aja Tapi, sadar diri kalau nggak penting-penting amat nggak usah keluar lah ya!

Caranya ya aku bikin kamarku sebagai tempat  yang nyaman, tanpa aku ingin berpindah. Bikin kamar dengan suasana berbeda setiap minggunya bisa jadi solusi supaya lebih enjoy aja di rumah. Semisal mengubah tatanan tempat tidur, meja belajar, rak buku. Atau menambahkan ornamen atau furniture baru. Ku rasa membuat aura kamar lebih segar dan nyaman. Iya nggak ?

Mencoba Hal Baru 

Mencoba hal baru adalah salah satu kegiatan yang bener-bener menguras waktu dan tenaga alias bikin kita produktif juga sibuk deh. Tapi, jadi sibuk yang nagih gitu! Jadilah waktu seharian kadang nggak kerasa karena kita fokus sama hal baru. 

Baca Juga : Bikin Podcast, Ide Kegiatan Yang Bisa Kalian Lakukan

Dan mencoba hal baru ini selain menambah skill kita, juga bikin kita makin betah di rumah. Eksplor hal baru gitu lo. Nah aku sendiri sedang antusias untuk belajar bikin video dan edit. Walau di rumah, ide buat video juga nggak kalah banyak kek di luar. 

Cobain deh! Kira-kira kamu tertarik dengan hal apa, inilah saatnya kamu bisa mencoba dan mengembangkan. Kalaupun di hari biasa kamu nggak ada waktu, saat ini adalah waktunya. 

Mawas Diri Walau di Rumah Aja 

Walau di kotaku udah nggak PSBB alias kita udah boleh keluar , tepi tetap dengan mematuhi protokol kesehatan berlaku.  Aku sendiri juga sesekali masih keluar.  Di rumah pun kadang juga udah nerima tamu, walau nggak banyak. Antisipasilah ya. 

Ayahku sendiri bekerja  di luar kota, adik juga merantau, dan aku cukup sering pulang pergi Blitar-Malang karena urusan kampus. Antisipasi diri dan keluarga itu perlu sih kalau kataku karena kita nggak akan pernah tahu sebenarnya kita dalam keadaan sehat alias nggak ada virus dalam tubuh kita atau nggak. 

Orang rumah yang ngerantau ketika pulang pun juga antisipasi, seperti ayah dan adekku tiap pulang ke Jawa harus tes kesehatan dulu. Salah satunya dengan melakukan swab test. Pengambilan spesimen lendir menggunakan swab dan pemeriksaan menggunakan PCR adalah metode yang paling akurat dalam mendeteksi virus SARS-COV2

Mawas diri sangat perlu apalagi masa pandemi seperti ini, kasus konfirmasi positif korona pun masih menunjukkan angka tinggi. Mawas diri untuk kebaikan diri sendiri dan orang sekitar. Sekarang pelayanan untuk swab test pun nggak membutuhkan waktu lama untuk tahu hasilnya. 

Banyak beberapa perusahaan sosial dan pendiri gerakan solidaritas #SwabAndSaveIndonesia untuk mendukung respons COVID-19 pemerintah dan masyarakat melalui pengujian PCR yang cepat dan akurat. 

Jadi, walau di rumah aja jaga diri itu juga perlu karena kita nggak pernah tahu kita sebenarnya terjangkit atau tidak dengan virus ini. Apalagi kalau kita masih sering melakukan kegiatan di luar rumah. Pun, hal ini juga untuk antisipasi keluarga di rumah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *