Kreativitas, Kolaborasi, dan Digital : Teman Kreasi Indonesia

Ngomongin soal kreasi nih, keknya nggak lepas sama yang namanya menggali ide. Duh kok pas banget, akhir-akhir ini aku kerap menyajikan tulisanku di blog ke instagram juga. Hampir mirip, soal keresahan ide  nulis dan ide konten.  Aku emang masih ngelola blog pribadi yang nggak seberapa ini (ceritanya merendah), tapi juga cukup meresahkan pikiran kalau lagi buntu ide. 

Tak jarang, aku butuh ngobrol sama temen yang juga menekuni hal yang sama. Berbagi akan banyak hal dari apa yang kami geluti. Tak jarang ya curhat buat nyari solusi yang akhirnya numbuhin mood buat untuk kembali berkreasi. Kolaborasi juga menjadi hal yang nggak bisa lepas dari ini, saling membantu, menyemangati, menyongkong, dan berjuang bareng. Apalagi di bidang yang sama. 

Makin ke sinikan konten udah jadi kebutuhan hidup alias lekat dengan keseharian. Entah untuk pribadi, pekerjaan bahkan usaha. Yah, zaman sekarang emang kreativitas sangat dibutuhkan. Apalagi memunculkan inovasi baru, duh keren! Tapi, ya itu kita kadang berbagi dan bahkan kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menunjang hal ini. 

Yap betul! Apalagi di bidang usaha tuh. Kreativitas itu bener-bener dibutuhkan! Bekerja bersama dengan banyak kolega juga penting sebagai upaya meningkatkan semangat kerja, semangat berinovasi sama-sama. Butuh banget hal ini!

Nah, ngomongin soal usaha juga ini. Kemarin sempet ngikutin info-info menarik ini dari youtube smartfren. Yah walau sebatas daring, boleh juga kubagi-bagilah ya. 

Tanggal 25 Maret 2021 kemarin nin Smartfren meluncurkan program baru  yakni Taman Kreasi Indonesia yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Ketiga hal ini keknya mewakili  deh yakni  Kreativitas, Kolaborasi, dan Digital. 

Menjunjung Prinsip Kokreasi 

Kreativitas, Kolaborasi, dan Digital.  Zaman sekarang tuh ketiganya emang nggak bisa disepelekan. Apalagi di bidang usaha atau komunitas kreatif. Selain membutuhkan  inovasi baru serta menjunjung kreativitas nih, juga perlu nih yang namanya kolaborasi. 

Program ini merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Menggunakan prinsip kokreasi yang saling mendukung, Teman Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia.

Program Teman Kreasi Indonesia berjalan melalui dukungan yang sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. Smartfren sebelumnya telah meluncurkan WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten, dan melahirkan berbagai produk edisi terbatas. Karya terbaru kokreasi tersebut berupa jersey pesepeda dari Common Spot dan Show The Monster, akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia. 

Lebih Lanjut Soal Teman Kreasi Nih 

Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali. Dan tentunya bakalan menyeluruh di berbagai wilayah di Indonesia.  Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online. 

Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat.

Anyaman, Logo Teman Kreasi Indonesia Punya Makna Mendalam 

Roberto Saputra selaku  Chief Brand Officer dari Smartfren menyatakan bahwa  logo Teman Kreasi Indonesia ini berkonsep anyaman. Maknanya menunjukkan bahwa kebersamaan akan menjadikan kita kuat (kolaborasi). Saling membantu dan saling menopang. Jadi, selama bisa saling berbagi ya dilakukan. Kolaborasi adalah sumber energi untuk maju memberikan yang terbaik. 

Pesannya nih 

Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren menyatakan bahwa “Peluncuran Teman Kreasi Indonesia adalah tonggak bagi upaya Smartfren mewujudkan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas dan internet. Saat ini program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner kokreasi Smartfren WOWLabs. Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru.”

Gitu ges . . . Selama disediakan wadah  ya dimanfaatkan. Supaya ide dalam otak tidak hanya mendekam. Nggak apa, semua emang berproses, hanya satu “mencoba!”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *